BintanKepulauan Riau

Bupati Bintan Berikan Tugas Khusus Disnaker di Tahun 2019

Lihatkepri.com, Bintan – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan mencatat total tenaga kerja yang beredar bagi perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bintan sebanyak 35.834 tenaga kerja lokal.

Untuk serapan tenaga kerja tahun 2018 sendiri, tercatat tenaga kerja lokal sebanyak 11.020. Hal tersebut naik berbanding dengan serapan tenaga kerja untuk tahun 2017, sebanyak 9.766 tenaga kerja lokal.

” tahun 2018 serapan tenaga kerja masih lebih tinggi dibanding tahun 2017, namun serapan masih dibawah tahun 2016 dengan 15.052 tenaga kerja lokal ” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan Hasfarizal Handra, Rabu (2/1) siang.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos menuturkan bahwa tahun 2019 ditargetkan akan ada dua dinas baru dalam Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang akan dibentuk.

Dimana salah satunya adalah Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan hasil pemisahan SOTK dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan.

” Tahun 2019 ini, fungsi Disnaker sudah dikembalikan kewenangannya ke Kabupaten Bintan dimana semulanya kewenangan berada di Pemerintah Provinsi Kepri. Program pertama, kita minta agar Disnaker mampu membuat program pelatihan kerja khususnya bagi putra-putri Bintan ” ujarnya

Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan mampu mengoptimalkan tenaga kerja putra putri Bintan yang berguna menjawab keluhan masyarakat terkait lapangan kerja.

” tahun 2015 , setidaknya ada 8 perusahaan besar yang tutup sehingga terjadi kebutuhan lapangan kerja dimasyarakat. Tahun 2019, kewenangan tenaga kerja sudah beralih ke Kabupaten Bintan, pemerintah provinsi Kepri hanya bertugas dalam hal pengawasan.

Target kita, Disnaker Bintan nanti mampu membangkitkan kembali untuk penyerapan sektor tenaga kerja yang dibutuhkan masyarakat ” tutupnya, dilansir Media Centre Bintan

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close