Literasi Media, Kontribusi Nyata AJI Tanjungpinang Perangi Hoaks

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Literasi Media, Kontribusi Nyata AJI Tanjungpinang Perangi Hoaxs, hal tersebut disampaikan Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul saat membuka acara tersebut.

Rangkaian kegiatan Literasi Media Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang resmi dibuka  di Pelataran Mall Ramayana, Kota Tanjungpinang, Sabtu (15/12/2018).

Dengan mengusung tema “Menangkal Bahaya Laten Hoax di Media” ini, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih cerdas dalam menangkal dan menyaring informasi di media.

Selain itu rangkaian kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, yakni Sabtu (15/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018) juga untuk memeriahkan ulang tahun AJI Tanjungpinang yang pertama.

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, kegiatan Literasi Media merupakan bentuk kontribusi nyata dari AJI Tanjungpinang dalam membantu pemerintah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Peran AJI Kota Tanjungpinang selama ini sangat penting. Selama satu tahun ini, AJI Tanjungpinang sudah menjadi corong pemerintah dalam memberikan pemahaman informasi yang benar kepada masyarakat. Semoga AJI Tanjungpinang dapat terus solid,” ujarnya.

Syahrul berharap, kegiatan Literasi Media AJI Tanjungpinang Kota Tanjungpinang dapat menjadi motivasi masyarakat dalam upaya memerangi hoaks yang belakangan ini menurutnya penyebarannya sudah cukup mengkhawatirkan.

Selain itu, melalui Literasi Media ini, juga di harapkan dapat merubah cara berfikir pengguna media sosial dalam menyebarkan informasi. Khususnya kata dia, informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019. Secara khusus, Syahrul meminta peran serta dari seluruh jurnalis yang tergabung dalam AJI Tanjungpinang untuk selalu memberikan informasi valid dalam setiap pemberitaan yang berkaitan dengan Pemilu 2019.

Menurutnya, pesta demokrasi yang akan digelar pada April 2019 mendatang itu cukup rumit. Karena, masyarakat harus memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota legislatif mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat di waktu yang bersamaan.

“Disinilah diperlukan peran dan fungsi AJI Tanjungpinang. Wabilkhusus dalam meluruskan informasi Pemilu 2019 yang sangat rumit ini kepada masyarakat dan juga dapat merubah mindset masyarakat untuk datang ke TPS nanti,” harapnya.

 

Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani menegaskan, kegiatan Literasi Media AJI Tanjungpinang tidak hanya sebatas kegiatan seremoni. Seluruh anggota AJI Kota Tanjungpinang kata dia, sudah berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa lebih bijak dalam memilih dan menerima informasi, sehingga bisa terhindar dari bahaya hoaks.

Apalagi kata Jailani, memasuki tahun politik 2019 mendatang penyebaran hoaks cukup rentan terjadi di tengah masyarakat.

“Namun, (jika) hanya dengan semangat (AJI Tanjungpinang) saja tidak ada artinya jika tidak ada dukungan dari semua pihak. Untuk itu mulai dari saat ini mari sama-sama kita melawan hoaks. Karena hoaks itu dapat merusak kehidupan bangsa,” tegasnya.

Seremoni pembukaan Literasi Media AJI Tanjungpinang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua AJI Tanjungpinang Jailani yang didampingi Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, Asisten I Provinsi Kepri Raja Ariza, Kapolres Tanjungpinang AKP Ucok Lasdin Silalahi dan tamu undangan lainnya.

Usai membuka acara, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul beserta tamu undangan lainnya berkempatan meninjau satu persatu stand pameran peserta Literasi Media AJI Tanjungpinang. Total ada 12 stand yang memeriahkan kegiatan ini.

Ketua Pelaksana Literasi Media AJI Tanjungpinang, Kurnia Syaifullah menyampaikan, kegiatan yang baru perdana digelar AJI Tanjungpinang ini melibatkan 25 media baik cetak, online, maupun elektronik.

Selain itu, ada juga beberapa instansi dan organisasi seperti Polres Tanjungpinang, Bawaslu Provinsi Kepri, KPU Provinsi Kepri, Diskominfo Kota Tanjungpinang, Peradi, dan Karang Taruna Provinsi Kepri yang juga ikut meramaikan kegiatan ini. Seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, mensosialisasikan beragam informasi yang berkaitan dengan bahaya hoax.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Literasi Media ini juga diisi dengan kegiatan workshop dan talk show. Panitia juga imbuhnya, memamerkan foto terbaik dari jurnalis yang tergabung di AJI Tanjungpinang.

“Ada juga hiburan musik akustik dan doorprize untuk pengunjung yang beruntung,” sebutnya. (Kar/Rilis).

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: