BintanKepulauan Riau

Sektor Pendidikan Bintan Kembali Tuai Prestasi

Lihatkepri.com BintanSektor Pendidikan Bintan kembali tuai prestasi dari Pemerintah Pusat. Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos kembali diganjar penghargaan level nasional. Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan mendapatkan Penghargaan Indeks Kelola 2018 yang diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir, M.Pd, M.Si dari Deputi Bidang Ekonomi Staff Kepresidenan ibu Denni Puspa Purbasari, SE, M.Sc, P.hd, di Ballroom Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Rabu (28/11) malam.

Sektor Pendidikan Bintan Kembali Tuai Prestasi

Kabupaten Bintan mendapatkan penilaian kinerja terbaik dalam kategori pembangunan bidang pendidikan. Kabupaten Bintan dinilai juga mampu meningkatkan kualitas angka partisipasi murni dibandingkan daerah lainnya.

Angka putus sekolah juga dinilai rendah serta keberhasilan tersebut juga didukung dengan alokasi anggaran pendidikan sebesar 22 % , lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

” Selain itu , Kabupaten Bintan juga dinilai memiliki tenaga pengajar berijazah S1 diatas 91% untuk sekolah SMP , lalu sekolah SD kita memiliki angka 77% ” ujarnya, dilansir Media Centre Bintan.

Malam pemberian penghargaan tersebut hanya dihadiri sekitar 66 kepala daerah yang terpilih sebagai pemenang Indeks Kelola, meliputi kategori pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan ekonomi.

Untuk diketahui, dari sumber katadata.co.id sebagai penghelat Penghargaan Indeks Kelola, hal ini bertujuan antara lain untuk mendorong penggunaan APBD yang sejalan dengan agenda bangsa dan negara, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi.

Penghargaan Indeks Kelola sendiri didasari fakta banyaknya daerah yang dianggap masih kurang efektif dalam mengelola APBD. Misalnya dominasi APBD untuk belanja pegawai 37 persen, sedangkan untuk belanja modal hanya 20 persen. Selain itu, masih banyak daerah yang belum melaksanakan anggaran mandatory atau wajib sesuai dengan Undang-Undang, seperti 20 persen untuk anggaran pendidikan atau 10 persen untuk anggaran kesehatan.

” Komitmen memajukan Bidang Pendidikan terus kita lakukan, secara bertahap kita terus membenahi infrastruktur pendidikan sekaligus memberikan bantuan-bantuan untuk memajukan dunia pendidikan seperti Program Seragam dan Transportasi Sekolah Gratis ” ujar H Apri Sujadi, S.Sos, Bupati pertama di Prov Kepri yang menggagas program tersebut.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close