Kolom Pembaca

Cara Mencegah Berita Hoax Versi Mahasiswa

Media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi, belakangan ini di media sosial maupun berita online sering bermunculan berita palsu dan di sebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab berita palsu sendiri di kenal oleh masyarakat umum dengan sebutan berita hoax.

Dampak negatif dari berita palsu atau berita hoax dari internet sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Berita palsu atau berita hoax tidak hanya sering di temukan di situs atau Blog, tetapi juga di media sosial dan aplikasi perpesanan. Oleh karena itu sebaiknya kita perlu mambentengi diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Cara mencegah/ mengantisipasi berita hoax ini cukup mudah dan masyarakat pun wajib tau apa aja yang dapat menghentikan berita hoax tersebar, berikut ada beberapa tips untuk menghentikan berita hoax tersebut:

  1. Pastikan berita tersebut asli dengan cara membuka atau mencari nya di google, baca baik-baik berita tersebut dan lihat sumber berita tersebut jangan baca berita dari beberapa sumber carilah di berbagai sumber jika berita itu tidak ada di sumber terpercaya lainnya bisa di pastikan itu berita hoax.
  2. Jangan muda tertarik dengan judul yang provoaktif karena judul yang menarik belum tentu isinya sama dengan judul yang tertera lebih baik mencari kembali berita tersebut dengan judul yang sama dari sumber yang berbeda.
  3. Jangan mudah percaya berita tersebut dan buru-buru untuk menyebarkan berita tersebut, karena banyak masyarakat sekarang pengen menjadi sumber pertama yang menyebarkan berita, sebaiknya harus membaca dan memastikan dulu berita tersebut.
  4. Baca berita tersebut dengan sangat cermat agar tidak mudah tergoda dengan berita palsu yang di sebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya pelaku yang menyebarkan berita hoax ingin membuat para pembacanya menjadi takut atau juga menjadi benci terhadap sesuatu, sebaiknya sebelum anda percaya berita tersebut sebaiknya anda mencari berita dengan judul yang sema tetapi dari sumber berbeda agar tidak terjerumus kedalam pelaku penyebar hoax.

Ditulis Oleh : Bima Al Fajri Prasetyo (17103004) Jurusan Sosiologi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close