Walikota Syahrul Kukuhkan TP PKK Kota Tanjungpinang

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Sebanyak 40 orang Tim Penggerak Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tanjungpinang masa bhakti 2018-2023 dikukuhkan oleh Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, Selasa (25/9), di Gedung Wanita Tun Fatimah, Senggarang.

Walikota Syahrul Kukuhkan TP PKK Kota Tanjungpinang

Acara pengukuhan ini dihadiri pula oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, Sekda Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si, seluruh kepala OPD, serta jajaran FKPD Kota Tanjungpinang, perwakilan organisasi wanita dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tanjungpinang.

Susunan kepengurusan ini terdiri dari H. Syahrul, S.Pd selaku Pembina, Ny. Hj. Wan Fazillah Edward, Ny. Hj. Mardiana Pasaribu, S.Pd.I dan Ny. Hj. Wan Fazillah Edward selaku Penasehat. Adapun Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang adalah Ny. Juwariah Syahrul, Wakil Ketua I, II, III dan IV masing-masing adalah Ny. Hj. Siti Munawarrah, Ny. Hj. Yuldiyanti Wan Kamar, Ny. Hj. Nurasyikin Yahya, dan Ny. Hj. R. Emi Trimasrura A. Yani. Adapun jabatan Sekretaris dan bendahara masing-masing dipegang oleh Ny. Hj. Herlina Soesilowaty Gunawan, S.Sos dan Ny. Dina Isrohfy Roby Sanjaya, A.Md.Keb.

Dikatakan oleh Syahrul, Gerakan PKK berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga dimana gerakan PKK ini tumbuh dari bawah dengan kaum ibu-ibu sebagai penggeraknya. Tujuannya adalah untuk membangun keluarga sejahtera sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

“Gerakan PKK sendiri merupakan upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan, sesuai dengan Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga.” Ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Syahrul, sasaran pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan PKK adalah keluarga di pedesaan dan perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan mental spiritual dan fisik material melalui 10 program Gerakan PKK.

“Kita harus berpedoman dan mengacu pada 10 program pokok PKK yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila; gotong royong; pangan; sandang; perumahan dan tata laksana rumah tangga; pendidikan dan keterampilan; kesehatan; pengembangan kehidupan berkoperasi; kelestarian lingkungan hidup; dan perencanaan sehat.”

Kepada pengurus yang lama, Syahrul menyampaikan apresiasinya karena telah memberikan kontribusi yang positif terhadap kemajuan Kota Tanjungpinang. Tak lupa pula Syahrul mengingatkan kepada seluruh anggota yang baru saja dikukuhkan, organisasi PKK ini bukanlah wadah atau ajang untuk pamer jabatan, pamer harta kekayaan, atau sebagai ruang untuk pembicaraan yang tidak positif.

“Jadikan PKK ini sebagai wadah untuk menjalankan amanah dengan penuh pengabdian dan tanggungjawab. Jadikan pula ruang PKK ini sebagai ruang yang produktif, dalam artian PKK bisa menjadi mitra bagi dinas terkait seperti Dinas Kesehatan atau Dinas Perindustrian dan UKM untuk merencanakan dan menciptakan kegiatan yang bertujuan mensejahterakan masyarakat kedepan.” Tegas Syahrul.

Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariah Syahrul mengatakan PKK sebagai mitra pemerintah yang memiliki fungsi dan peran dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui unit terkecil yakni keluarga.”Sebagai mitra pemerintah, Tim Penggerak PKK dapat membantu pemerintah menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat yang belum tersosialisasikan dengan baik.” Ungkapnya.

Juwariah juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah melalui OPD terkait untuk membantu PKK menjalankan program dan kegiatannya, sehingga PKK Kota Tanjungpinang dapat berkiprah ke tingkat yang lebih tinggi lagi. “Semoga keberadaan PKK di tengah masyarakat dapat dirasa manfaatnya terutama dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang di dominasi kaum perempuan.

Pengukuhan ini juga turut dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Ny. Hj. Riawina Azman Taufik, Ketua BKOW Kepri, Hj. Rosmery Isdianto, Hj. Suryatati A Manan dan pengurus PKK Provinsi Kepri. (Humas Pemko Tanjungpinang)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: