BintanKepulauan Riau

TTG Bintan Wakili Indonesia di Ajang Internasional Asean – India

Lihatkepri.com, Bintan – TTG Bintan Wakili Indonesia di Ajang Internasional Asean – India yang diselenggarakan pada Kamis-Minggu (27-30/9/2018) di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Tanggerang Selatan, Provinsi Banten.

TTG Bintan Wakili Indonesia di Ajang Internasional Asean – India

Rio Priyadi (36), pria asal Kijang, Kec Bintan Timur yang mewakili Indonesia dalam Lomba Tekhnologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Internasional (Asean) Tahun 2018 bersilaturahmi bersama Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Senin (24/9) pagi.

Dalam pertemuan tersebut, Rio Priyadi yang didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menjelaskan terkait persiapan dirinya atas Inovasi Tekhnologi Produksi Budidaya Kepiting Bakau dan Ranjungan Cangkang Lunak Didarat dengan menggunakan media Pipa, sebelum terjun dalam lomba tingkat Internasional ditanggal 28 hingga 29 September 2018 di Tanggerang.

Bahkan Rio, juga menjelaskan terkait keunggulan inovasi tersebut, yang menggunakan bahan dasar pipa seperti halnya sayuran hidroponik dimana selain bahan mudah didapat, juga murah dalam segi biaya.

” Kualitas kepiting yang dipanen menggunakan median pipa akan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita atur sedemikianrupa bagaimana terkait asupan nutrisi gizi, dan mampu memelihara kepiting dari serangan predator dan perubahan kondisi cuaca. Keunggulan lainnya, kepiting yang dihasilkan ini, akan memiliki cangkang yang lunak seperti ayam presto ” ujarnya

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa dirinya menginginkan agar inovasi teknologi ini, hendaknya mampu memaksimalkan potensi desa.

” Tentunya kita harapkan, agar inovasi kepiting cangkang lunak ini akan mampu memberikan ciri khas tersendiri bagi daerah serta bermanfaat bagi masyarakat karena lingkungan tempat tinggal kita yang sangat baik bagi pengembangan kepiting ” ujarnya, dilansir Media Centre Bintan

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menuturkan bahwa tahun 2019 nanti dinasnya menargetkan, setidaknya akan memiliki 5 desa sebagai pilot projek dalam pengembangan kepiting yang melibatkan Rio sebagai konsultan yang akan memaksimalkan potensi desa. Selain itu menurutnya, saat ini desa-desa di Kab Bintan terus berusaha melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan daerah.

” kita baru saja menerima penghargaan ditingkat provinsi dimana Desa Toapaya Selatan menjadi Desa Terbaik Ketegori Bidang Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tk.Prov Kepri Tahun 2018, lalu Desa Ekang Anculai menjadi Juara II dan Kelurahan Toapaya Asri menjadi Juara III dalam Lomba Desa Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018. Tentunya kita juga mengharapkan, bahws melalui inovasi-inovasi, desa-desa di Bintan akan mampu memberikan peningkatan pendapatan bagi ekonomi masyarakat secara menyeluruh ” ujarnya

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close