BatamKepulauan Riau

Global Qurban Ajak Masyarakat Berkurban untuk Bangsa dan Dunia

Lihatkepri.com, BatamGlobal Qurban Ajak Masyarakat Berkurban untuk Bangsa dan Dunia Setiap tahunnya, perayaan Iduladha selalu membawa serta spirit meraih takwa dan membahagiakan sesama. Ibadah kurban menjadi momen umat muslim untuk semakin mendekatkan diri pada ilahi, sekaligus merekatkan tali silaturahmi kepada saudara sebangsa atau bahkan lintas negara.

Global Qurban

Indonesia, negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, senantiasa menunjukkan multi-sisi ibadah kurban ini, yang terekam dalam delapan tahun perjalanan Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT). Tahun 2018, Global Qurban kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama meluaskan maslahat kurban. Semangat kurban tahun ini terangkum dalam tema “Indonesia Berqurban, Bangsa dan Dunia Menikmatinya”.

Presiden ACT Ahyudin menerangkan, Indonesia Berqurban mencerminkan semangat Global Qurban untuk merekatkan kebersamaan masyarakat Indonesia melalui momen ibadah kurban. Kebersamaan tersebut, menurutnya, bukan semata-mata untuk diri sendiri, namun juga untuk dunia.

“Momen kurban tahun ini berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ini menjadi momen yang tepat untuk menguatkan semangat kebangsaan dan mempererat persatuan. Tahun lalu kita buktikan bagaimana kebersamaan masyarakat Indonesia mampu meluaskan maslahat kurban hingga pelosok negeri dan negara-negara yang terdampak bencana dan krisis kemanusiaan. Tahun ini, insya Allah akan ada lebih banyak masyarakat yang bergabung dalam semangat berbagi kebahagiaan kurban ini,” papar Ahyudin, saat peluncuran Indonesia Berqurban, Kamis (19/7).

Tahun lalu, Global Qurban menyapa 250 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia serta 40 negara pra-sejahtera maupun yang terpapar krisis kemanusiaan. Jumlah wilayah jangkauan distribusi kurban ini meningkat pada tahun ini.

Global Qurban Ajak Masyarakat Berkurban

Tahun 2018, Global Qurban akan membawa amanah kurban masyarakat Indonesia ke 265 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia dan 45 negara. Rini Maryani selaku Presiden Global Qurban – ACT menjelaskan, target wilayah distribusi mencakup pelosok negeri, di mana mayoritas masyarakatnya sangat membutuhkan. Untuk wilayah distribusi global, penambahan jangkauan meliputi Afghanistan, Senegal, Guinea, Tunisia, Mesir, dan Maldives.

“Saudara di pelosok negeri kami sapa, pun dengan masyarakat di negara-negara yang terdampak krisis kemanusiaan maupun kemiskinan. Misalnya saja negara di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia,” kata Rini.

Ia menambahkan, Global Qurban menggulirkan dua program baru pada momen kurban tahun ini. Program-program tersebut di antaranya adalah Kapal Qurban dan Dapur Qurban. Dua program ini menjadi tidak hanya menjadi ikhtiar untuk meluaskan nikmat kurban, namun juga sebagai ikhtiar untuk mempererat persatuan bangsa. Brinanti Sandwika Jalius Branch Manager ACT Kepri menuturkan untuk di Kepulauan Riau Global Qurban – ACT juga akan membuka dapur qurban.

“Dapur qurban akan kita buka di Kepri, didapur qurban mengajak masyarakat memasak daging qurban yang ada, ini bertujuan untuk memupuk rasa persatuan dan kebersamaan kita masyarakat Indonesia khususnya di Kepri ini sendiri, untuk lokasi akan segera kita umumkan di h-5 Iduladha” ungkap ika.

Beliau juga turut mengajak masyarakat kepri untuk ikut berpartisipasi pada program kapal kurban serta mengajak untuk berqurban dan berbagi qurban untuk wilayah-wilayah yang tertimpa musibah hingga krisis kemanusiaan.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close