Kurma Jenis Barhi Tumbuh di Desa Kuala Merbau

Lihatkepri.com, Desa Pulau Merbau – Untuk Kedua kalinya, pohon kurma jenis Barhi yang tumbuh subur di tanah Pulau, bertepatan Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.  Menghasilkan buah yang cukup berlimpah dan bahkan, sangat mengembar suburnya tanah di desa ini berakibat buah langka ini tumbuh.

Kurma Jenis Barhi Tumbuh di Desa Kuala Merbau

Salah satu Pemilik pohon kurma di Desa Kuala Merbau, Malik mengatakan bahwa Buah perdana ini mematahkan anggapan dari masyarakat di Desa Kuala Merbau bahwa pohon Kurma hanya bisa ditanam namun tidak bisa menghasilkan buah yang maksimal di Kuala Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti ini .

“Buah perdana ini mematahkan anggapan bahwa banyak orang menyangka bahwa di Desa Pulau Merbau bahkan desa dataran banyak mengadung cerita bersejarah’ pohon kurma hanya bisa ditanam tetapi tidak mungkin untuk berbuah. Karena tidak ada yang menyangka untuk memanen buahnya,” katanya usai memanen buah kurma di samping rumah kediamanya yang berada di Jalan Ampuan RT 001/RW 001 Desa Kuala Merbau,Kep Meranti Riau, Kamis (21 Juni 2018).

Menurutnya, buah perdana ini merupakan isyarat bahwa sifat fisik tanah di perdesan dalam hal ini Desa Kuala Merbau yang merupakan lebih dari 50 persen bergambut dan Tanah Liat sangat cocok untuk tanaman gersang yang biasanya tumbuh di iklim seperti di Timur Tengah.

Kurma di Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kep Meranti Provinsi Riau berada disekitar Rumah Bapak Malik, yang baru muncul buah Kurma.

“Ini sebagai isyarat bahwa apabila Allah menghendaki boleh jadi di Kuala Merbau Kabupaten Meranti Riau ini akan ada nantinya ladang kurma untuk menutupi kebutuhan yang ada di negeri ini. Karena satu batang korma nilainya sama dengan 100 batang pohon sawit,” tegasnya sambil di aminkan oleh Masyarakat Desa Kuala Merbau ini.

Tamban Supyan, Desa kuala merbau, konon ceritanya memiliki cerita bersejarah tinggi dan langenda lama namun saat ini ‘Desa Kuala Merbau butuh lirikan untuk dikembangkan terhadap sektor pertanian. (Suharno )

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: