Pemerataan Jaringan Internet di Wilayah Kabupaten Lingga

Kabupaten lingga adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi kepulauan Riau, kabupaten lingga memiliki sekitar 531 pulau dan pulau kecil, serta 447 buah pulau yang belum dipenghuni. Kabupaten yang ibu kotanya di Daik Lingga ini memiliki 9 kecamatan yang masing-masing kecamatannya terdiri dari beberapa desa atau kelurahan.

Wilayah kabupaten lingga memiliki luas lautan sekitar 99% dari luas daratan sekitar 1% ditambah lagi sebagian besar dilabupaten Lingga adalah bukit-bukit.

Zaman semakin berkembang, kebutuhan akan internet semakin besar, bagi masyarakat perkotaan jaringan internet sangat memudahkan mereka dalam menujang berbagai hal. Misalnya seperti mempermudahkan mereka dalam berbisnis, berbelanja, menambah wawasan dan sebagainya, masyarakat perkotaan seperti tidak bisa terlepas dari jaringan internet

Beberapa dengan masyarakat yang ada di daerah-daerah terkecil atau pulau-pulau yang tidak ada koneksi internet atau susah dari jaringan, mereka tidak bisa sebebas masyarakat kota dalam mengakses internet. Padahal, zaman sekarang ini internet sangat penting sekali.

Menurut saya, sebenarnya hal ini juga harus diperhatikan oleh intitusi, institusi terkait mengingat banyaknya kemudahan yang akan didapatkan jika tersedia jaringan internet memandai. Agar, masyarakat di daerah juga bisa merasakan kemudahan-kemudahan yang dirasakan masyarakat perkotaan.

Seperti di daerah saya, yaitu kabupaten lingga yang dimana internet di kabupaten lingga sebenarnya bisa di akses, tapu hanya di daerah pulau-pulau besar, seperti lingga, singkep, senayang. Jika kita bergerak ke pulau-pulau kecil atau ke pelosok pulau besar tersebut sinyal atau jaringan internet tidak mudah di akses. Biasanya masyarakat yang ingin mengakses internet di daerah tersebut akan pergi ke suatu tempat, misalnya bukit-bukit atau pantai-pantai yang jaringan internetnya tersedia.

Berdasarkan pengalaman saya, daerah yang di anggap masyarakat bisaengakses internet tersebut sangat lelet, jika di bandingakan dengan apa yang ada di perkotaan, itu jauh sangat berbeda. Dan jika cuaca buruk jaringan internet sangat susah, bahkan jaringan untuk telpon dan sms tidak bisa atau lagi gangguan.

Hal ini harus jadi perhatian pihak terkait, solusinya adalah melakukan pemerataan untuk daerah-daerah terpencil, masyarakat perkotaan dan daerah lainnya harus mendapat jaringan yang sama.

Jika maslah ini bisa diperbaiki, maka bisa jadi akan meningkatkan kreativitas anak muda, munculnya inovasi-inovasi terbaru dari anak daerah. Karena meraka mudah mendapatkan pengetahuan dari seluruh dunia atau mencari informasi bagaimana bisa mengatasi mengatasi masalah masalah yang terjadi daerahnya selama itu tidak disalah gunakan, akan banyak manfaat bagi masyarakat di daerah kami terutama bagi saudara-saudara kami yang ada di pelosok.

Dengan kemajuan di zamam sekarang bisa membuat perubahan di berbagai pelosok di kabupaten lingga dengam memasukan jaringan, impian dari saya membuat kabupaten lingga menjadi sebagai kota yang cerdas dengan teknologi di median sosial yang mendunia, dengan memanfaatkan pendidikan dengan masa depan muda yang mengerti dengan internet dan jaringan agar sumbernya bisa di capai oleh berbagai masa depan kota yang cerdas.

Masyarakat bisa mengetahui aktivitas di media sosial dengan adanya akses internet agar masyarakat tidak bosan dan bisa mendapat hiburan dengan adanya akses internen, bisa juga menelpon dengan sesuka hatinya, tidak ada lagi gangguan dari sinyal atau jariangan yang lelet, maka dari itu akses internet dan jaringan sangat lh penting di kalangan masyaraka kabupaten, sehingga masyakat bisa membantu dengan kemajuan kota.

Ditulis Oleh : Bayu Firnanda Jurusan Sosiologi Fisip Umrah

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: