Membangun Peluang Usaha Melalui Jaringan IPTEK di Kota Batam

Kota batam adalah kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Dimana banyak masyarakat yang melakukan urbanisasi untuk mendapatkan pekerjaan di batam. Perkembangan pesat dari jumlah penduduk saja sudah membuat Batam menjadi kota dengan jumlah populasi terbesar di Sumatra.

Batam sudah menjadi kota yang sangat strategis karena bertetangga langsung dengan 2 negara luar yaitu, Malaysia & Singapore. Dengan begitu Batam sudah menjadi kota inimalis yang sebenarnya sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup. Karena bisa dikatakan Batam banyak mengekspor barang-barang dari luar negeri.

Pendidikan di Batam juga sudah bisa di katakan bagus, karen banyak guru yang beijazah sarjana S2 yang sudah mengajar, bahkan guru honor pun sudah tidak bisa mengajar di sekolah yang cukup ternama di Batam. Sekolah di Batam juga sudah banyak menyediakan beasiswa untuk para murid yang memang tidak mampu untuk bersekolah.

Berkembangnya sekolah dengan jurusan IT ini membuat saya tertarik menarik judul sepertiu di atas, kebetulan saya juga dulu bersekolah di jurusan tersebut. Banyak seklah di batam sudah mengajarkan tentang ini di sekolah, mungkin kurang dari anakp-anak yang mengerti dan terkadang sudah lulus dari jurusan tersebut mereka langsung beranggapan menjadi pengangguran.

Dengan adanya IPTEK justru membuat mereka berpeluang usaha sangat banyak, itulah yang ingin saya kembangangkan di Kota Batam. Karena IPTEK sendiri dapat menghasilkan yang cukup memadai. Karean setiap individu pasti tidak terlepas dari namanya IPTEK, apalagi dengan perkembangan zaman yang sudahh semakin canggih sekarang.

Tujuan saya disini sebenarnya mengurangi tingkat pengganguran di Batam. Kenapa dengan skill yang mereka miliki tidak mau di kembangkan. Apalagi dapat di kita ketahui mengenal dan tahu saja tentang IPTEK sudah bisa menjalankan program apa saja yang ingin kita kerjakan di kehidupan kita setiap hari.

Salah satu contoh, program IT dengan jurusan Multimedpia dimana jurusan ini mengajarkan banyak sekali program komputer yang sangat bermanfaat untuk kehidupan. Yaitu kita bisa mengedit video, foto , dan juga dapat membuat film. Selagi ada kemauan untuk mempelajari sesuatu pasti ada ajalan untuk mendapatkannya.

Apalagi sekarang hp saja sudah bisa membetrikan penghasilan kenapa dengan IPTEK kita tidak bisa. Sehingga berkuranglah tingkat pengangguran di Batam. Apalagi anak-anak yang kuliah dengan jurusan itu juga dapat membuat kota ini menjadi kota yang ramah akan dunia IPTEK sehingga tidak membutakan anak-anak yang baru mengenal IPTEK.

Batam ini juga merupakan kota tujuan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan yang memadai, mereka rela meniggalkan kampung halaman demi mendapatkan sesuap nasi. Dengan ini juga membuat anak-anak tidak harus bekerja di luar negeri, untuk apa menyalurkan talenta di negara lain padahal negara sendiri membutuhkan mereka untuk membuat Indnesia menjadi negera yang maju.

Dengan demikian, perusahaan tidak merasakan susah menjadi orang untuk di pekerjaan dengan kualitas dan mutu pekerjaan yang baik. Karena IPTEK ini sendiri sudah berkembang pesat sudah banyak anak-anak yang mengetahuinya, tinggal mengajarkan sedikit yang mereka belum mengerti.

Ditulis Oleh : Maria Susanti (170569201062) Sosiologi

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: