Masa Depan Cerdas Kota Industri Di Kepri

Berbicara mengenai pembangunan memang tidak ada habis nya terlebih pada zaman sekarang, secara yang kita tau hampir semua kota- kota besar di Indonesia pun melakukan pembangunan untuk kemajuan kota yang lebih baik.

Hal tersebut terjadi pula di Kepri, tepatnya Batam. Kota Batam merupakan kota industri yang cukup besar. Banyak pembangunan dan proyek-proyek besar yang sedang di lakukan di Batam. Contohnya saja baru-baru ini telah di resmikannya flyover (jembatan layang).

Batam merupakan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi cukup besar. Sejak pulau batam dan beberapa pulau disekitarnya di kembangkan menjadi daerah industri, pariwisata, dan perdagangan, laju pertumbuhan penduduk terus mengalami peningkatan. Hingga sekarang arus pendatang dari berbagai daerah di Indonesia ke kota Batam hampir tidak pernah surut.

Dengan datangnya pendatang dari berbagai latar belakang ini memunculkan banyak masalah pastinya, contohnya saja berdirinya ruli (rumah liar) di kota batam. Hal tersebut merupakan konsekuensi yang harus di terima para pendatang mengenai mahalnya harga rumah dan sewa di Batam.

Jika di kaitkan dengan kota cerdas, kota batam masih jauh di kategori kan sebagai kota cerdas. Karna masih banyak aspek yang harus di perbaiki dan di bangun di Batam. Secara keseluruhan dalam pembangunan kota cerdas adalah sumber daya fisik dan non fisiknya dibangun dan berjalan dengan bersamaan. Dan harus seimbang antara SDM dan SDA, jadi SDM dibangun harus bermanfaat untuk SDA begitu pula sebaliknya, harus saling keterkaitan satu sama lainnya.

Lalu, apakah bisa kota Batam menjadi kota cerdas, yang dilihat dari berbagai aspek? Ya tentu saja bisa jikalau hal-hal diatas terjalankan dengan baik. Kota cerdas dapat dilihat dari berbagai aspek bukan hanya dari teknologi atau pun ekonomi, tetapi pemukiman dan juga lingkungannya.

Dalam hal ini jika kota Batam bisa seimbang antara pembangunan SDM dangan SDA nya maka dapat di katakan masa depan kota Batam bisa sangat baik sekali. Bayangkan saja jika dalam jangka waktu 10 tahun kedepan pemukiman di kota Batam dapat tertata dengan baik dan rapi. Dan pertumbuhan penduduk di Batam bisa dapat di kendalikan. Kemudian SDM nya juga berkembang maju, kreatif dan inovatif. Tidak ada lagi masalah pengangguran di kota batam, semua masyarakatnya mempunyai penghasilan yang layak.

Terlebih pada daerah-daerah yang berada di pesisir sudah dapat maju dan berkembang SDM dan SDA nya. Masyarakat di sekitarnya sudah tidak menjadi penonton dari kemajuan kota Batam, tetapi mereka ikut menjadi aktor dan berperan aktif dalam pembangunan kemajuan kota Batam.

Dan juga teknologi dan transportasi yang berkembang juga sangat pesat dan semakin modern. Tetapi hal tersebut tidak cukup, jikalau masyarakatnya tidak dapat mengoperasikannya, maka sama saja bohong. Jadi kedua hal tersebut harus berjalan seimbang pula. Begitu pula dengan sistem kesehatan dan pendidikan yang sudah sangat jauh lebih baik, dari mulai pelayanan hingga sarana dan prasarana.

Kesimpulannya, dengan segala perencanaan masa depan kota Batam tersebut jika dapat terlaksanakan akan sangat luar biasa. Batam dapat menjadi kota cerdas dengan segala keunggulan dan ke khasannya. Hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri untuk kota Batam. Dan di harapkan semua unsur didalamnya dapat ikut serta bekerja sama untuk mewujudkan kota Batam yang cerdas, Batam yang madani.

Ditulis Oleh : Novia Astari (160569201039)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: