Merancang Masa Depan Kabupaten Lingga

Kabupaten lingga merupakan pemekaran dari kabupaten kepulauan riau sekaligus bekas wilayah eks kawadenan lingga yang dibentuk menjadi sebuah kabupaten sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 2003 tanggal 18 desember 2003 dengan daik sebagai ibu kotanya.

Letak kabupaten lingga sangat strategis karena berdekatan dengan batam dan bintan serta berbatasan langsung dengan provinsi jambi dan Bangka Belitung. Kabupaten lingga terdiri dari 5 kecamatan , yaitu : kecamatan singkep dengan ibu kota dabo, kecamatan singkep barat dengan ibu kota kuala raya, kecamatan lingga dengan ibu kota daik, kecamatan lingga utara dengan ibu kota duara, dan kecamatan senayang dengan ibu kota senayang.

Jumlah pulau yang termasuk kedalam wilayah kecamatan lingga sebanyak 377 pulau besar dan kecil dan sekitar 285 pulau diantaranya belum berpenghuni.  Strategi atau merancang masa depan kabupaten lingga yang cerdas sebagai berikut :

  1. Mewujudkan mayarakat kepulauan riau yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia
    Kepribadian dan akhlak mulia diyakini oleh masyarakat sebagai landasan bagi pelaksanaan pembangunan. Sikap mental dan moral mencerminkan budaya suatu masyarakat akan menjadi ukuran bagi pihak luar dalam memandang kepulauan riau maupun kebutuhan nyata bagi masyarakat sendiri.
  1. Mewujudkan masyarakat kepulauan riau yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan dasar hidupnya secara layak
    Masyarakat yang sejahtera adalah masyarakat yang seluruh kebutuhan terpenuhi dengan ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan pelayanan dasar yang terjangkau.pembangunan diarahkan untuk meningkatkan ekonomi daerah dan kesejahteraan seluruh masyrakat untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar hidupnya secara layak yang dilakukan mencakup aspek sosial,ekonomi,infrastruktur dan lainnya.
  1. Pengembangan ekonomi berkelanjutan berbasasis sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata yang cerdas
  • Mewujudkan pamanfaatan kawasan budidaya secara efesien , serasi, dan seimbang berdasarkan kesesuaian lahannya
  • Mengembangkan lahan untuk perkebunan berbasis masyarakat
  • Meneyelenggarakan upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup terutama kawasan tangkapan air, kawasan pantai, sungai, kolong, mata air, kawasan perairan laut.
  1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia baik dari aspek pendidikan, kesehatan, dan ekonomi
    Selain pendidikan kesehatan juga merupakan layanan dasar yang wajib diselenggaraka oleh pemerintah daerah. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat diarahkan pada upaya kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan, sumber daya obat dan pembengkalan kesehatan, pemeberdayaan masyarakat kesehatan dan manajemen kesehatan.
  1. Peningkatan keterjangkauan dan ketersediaan pangan
  2. Penyediaan infrastruktur dasar yang menjangkau seluruh wilayah dan pemerataan pertumbuhan wilayah sesuai dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan yang cerdas
  • Sarana dan prasarana transportasi , jalan , listrik, irigasi, telekominukasi, serta sarana dan prasarana lain untuk memanfaatkan aneka sumber daya lautan kabupaten lingga yang sangat luas itu
  • Meningkatkan aksebilitas dari arah laut maupun udara dengan mengintegrasikan sistem transportasi wilayah
  • Mengembangkan jalan poros untuk menghubungkan antar pusat kawasan di pulai
  1. Peningkatan aksebilitas wilayah dalam upaya mempercepat perkembangan wilayah
  • Mengembangkan sistem transportasi internal dan regional didalam pulau dana antar pulau yang menunjang pergerakan barang dan penumpang
  • Membangun sistem jaringan transportasi antarmoda yang berorientasi pada sistem angkutan umum
  • Mengembangkan simpul-simpul transportasi dalam rangka peningkatan pelayanan inter dan antarmoda meliputi pelabuhan, terminal angkutan darat, dan Bandar udara
  • Mengembangkan jaringan jalan baru untuk meningkatkan aksebilitas dalam pulau.

Pusat sumber daya kelautan yang ada dikabupaten lingga memiliki makna bahwa kekayaan sumber daya kelautan di wilayah lingga menjadi modal pembangunan yang akan dikelola secara optimal dan berkelanjutan , sehingga berkembang dan menjadikan lingga sebagai pusat sumber daya kelautan diantara daerah-daerah sekitarnya di provinsi kepualauan riau.

Kabupaten lingga diyakini sebagai asal usul budaya melayu , sehingga dalam pelaksanaan pembangunan , pengembangan dan penetapan jati diri berbasis budaya melayu akan mamberikan dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat dalam berbagai aspek, termasuk aspek ekonomi dengan dikembangkannya sekrot pariwisata budaya.

Rancangan masa depan kabupaten lingga yang telah dijelaskan diatas sebagaimana suatu gambaran masa depan daerah dapat dikomunikasikan dan disepakati. Melalui rancangan-rancangan yang cerdas tersebut dapat dilihat wujud kabupaten lingga sebagaimana diinginkan bersama masyarakat.

Masyarakat maju memiliki makna bahwa pembangunan daerah dan masyarakat mengarah kedepan menuju kekondisi lebih baik , yang merupakan perwujudan sinergi dari semua potensi, permasalahan, dan keterlibatan seluruh sektor pembangunan.

Masyarakat sejahtera mengandung pencapaian pembangunan diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sutu kesejahteraan diwujudkan dengan indikasi berupa terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat antara lain berupa kecukupan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan dasar lainnya seperti lingkungan yang bersih , aman dan nyaman serta terpenuhinya hak asasi dan partisipasi serta terwujudnya masyarakat beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.

Ditulis Oleh : Neli Agus Safitri (150569201038)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: