Menanggapi Masa Depan Provinsi Kepulauan Riau Yang Cerdas

Kehidupan dengan kualitas hidup yang tinggi adalah dambaan semua orang, dengan kemajuan teknologi manusia berharap untuk hidup lebih mudah dan sehat. Namun timbul bebrapa pertanyaan dari tujuan diatas, pertanyaan pertama adalah apa itu hidup yang mudah dan sehat. Kenapa manusia ingin hidup mudah dan sehat? Bagaimana cara mendapatkan hidup mudah dan sehat. Dengan kenyataan mayoritas orang hidup dikota, maka kualitas hidup yang mencerminkan hidup yang mudah dan sehat menjadi suatu impian masyarakat kota. Namun dengan banyaknya penduduk, bentukan kota dan tingkat kepadatan yang tinggi menjadi suatu hambatan untuk mencapai kualitas hidup tersebut. Untuk menjawab keinginan manusia akan kualitas hidup yang mudah dan sehat maka muncul berbagai metoda dan strategi untuk mencapai hal tersebut, salah satu metoda tersebut adalah konsep perencanaan kota cerdas atau biasa disebut smart city. Smart city adalah konsep perencanaan kota dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang akan membuat hidup yang lebih mudah dan sehat dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi. Beberapa para ahli menganggap konsep kota dengan smart city dapat memenuhi kebutuhan akan kemudahan hidup dan kesehatan, walaupun pada kenyataannya konsep smart city masih dalam perdebatan oleh para ahli dan belum ada defenisi dan konsep umum yang bisa diterapkan di semua kota didunia. Konsep smart city masih bergantung pada kota dan pengembang masing-masing. Beberapa para ahli mencoba mendifenisikan smart city dengan defenisi masing-masng berdasarkan bidang keilmuan masing-masing

Dari hasil berikut, adapun permasalahan yang akan di bahas dalam artikel tersebut ialah : Bagaimana Cara Pemerintah Provinsi Kepualauan Riau Dalam Menyanggapi Daerah Yang Cerdas? Berdasarkan rilis BPS Provinsi Kepri, perekonomian Kepri sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan (recovery) ke arah yang semakin baik. Sejak Triwulan III/2017 s/d Triwulan I/2018, pertumbuhan ekonomi Kepri terus menunjukkan trend positif yang bergerak dari angka 2,38 persen ke 2,57 persen dan hingga ke 4,47 persen pada Triw. I/2018. Pertumbuhan yang relatif tinggi pada awal 2018 ini, tidak terlepas dari mulai pulihnya kembali mesin penggerak utama perekonomian Kepri, yaitu industri manufaktur yang perannya mencapai 36 persen telah mampu tumbuh sebesar 4,43 persen yang mana pada triwulan I/2017 mengalami kontraksi sebesar 0,23 persen (sumber : http://tanjungpinangpos.id/pertumbuhan-ekonomi-kepri-2018-mampukah-rebound)

Provinsi Kepri pada saat ini masih banyak canggungan terhadap sikap kinerja yang di bawa oleh pemerintah kepri itu sendiri. Kepri yang banyak potensi serta sumber daya alam dari setiap daerah membawa dampak sangat baik terhadap pembangunan di Provinsi Kepri pada saat ini. Namun kenyataan yang hadir ialah masih banyak permasalahan yang terjadi oleh pihak-pihak yang berwenang, misalnya pihak yang tidak bertanggungjawab untuk kemajuan kepri terhadap pembangunan pada saat ini.

Masih banyak begitu masalah yang terjadi di provinsi kepri pada saat ini yang membuat kekacauan terhadap pembangunan kepri. Salah satunya penyelewengan terhadap infrasturkutur pembangunan. Infrastruktur yang berjalan merupakan suatu wadah agar setiap daerah baik itu kabupaten atau provinsi menjadi lebih baik, namun kenyataannya tidaks sesuai harapan apa yang telah terjadi.

Salah satunya ialah infratsruktur pembangunan untuk pendidikan. pendidikan salah satu wadah agar seseorang menjadi lebih baik dan layak untuk kedepannya. Jika suatu pendidikan tidak di lakoni dengan semesntinya, maka akan terjadi kekacauan untuk semua. Salah satu kaitannya saja ialah dengan insfrastruktur pembangunan terhadap kampus UMRAH. Kampus umrah pada saat ini pembangunannya masih tidak selesai terlaksanakan, apakah hal tersebut tidak adanya dana terhadap pembangunan di dalam kampus umrah tersebut? Saya rasa itu sangat tidak mungkin.

Setiap lembaga baik itu lembaga pemerintah atau pendidikan atau bahkan pihak swasta dimana pembangunan yang akan di jalankan pasti memili dana yang di dapatkan dari pihak-pihak lain. Namun jika hal tersebut tidak berjalan maka ada tindakan yang lain dalam  proses pembangunan yang tidak terlaksanakan. Pendidikan salah satu wadah untuk setiap orang yang menjalani agar menjadi seseorang yang cerdas, namun jika pendidikan tidak memberi kelayakan di dalam suatu pendidikan, maka akan menjadi kekacauaun bagi yang menjalaninya.

Saya akan menganalisis sedikit tentang pembangunan di kampus umrah dengan konsep cerdas. Pada saat ini pembangunan umrah sangat amburadul. Kanapa demikian? Di tahun 2012 umrah masih bertempat di jalan senggarang, di tahun sekitar 2013-2014 mahasiswa umrah sudah pindah di jalan dompak. Namun pada saat ini kampus umrah dompak sama sekali tidak ada perubahannya terutama di kampus umrah di dompak yang mana ada kelas atau tempat yang belum terselasaikan. Secara nyata, negara sudah mengaanggarkan dana milliaran rupiah untuk menggarap kampus umrah, tapi sekarang ini kelas tersebut tidak terlaksanakan bahkan tidak selesai sama sekali. Apakah ini yang dikatakan dengan orang yang berpendidikan itu cerdas? Secara nyata orang yang berpendidikan itu ada juga yang bodoh.

Seketika orang yang berpendidikan mejalankan perannya dengan baik, maka secara factual masyarakat akan cerdas. Cerdas dengan mendapatkan tempat pendidikan yang nyaman serta bagus. Untuk perlu di tegaskan bahwasanya pemerintah harus terus aktif dalam segi pendidikan, karena pendidikan sangat diperlukan oleh setiap orang untuk menjadi lebih baik agar bisa mengembangkan potensi yang ada di kepri atau di daerahnya masing-masing. Pontensi kepri sangat banyak bahkan melimpah ruah, jika potensi itu hanya dimainkan demi keuntungan intern, maka tidak akan menjadi suatu kecerdasan bagi setiap orang.

Untuk menjadikan provinsi yang cerdas, maka setiap hal yang akan dilaksanakan mesti harus dilaksanakan dan terselesaikan. Jika suatu wacana tidak terlaksana dan tidak berjalan dengan baik, maka akan terjadi kekacauan antar sesama bahkan konflik akan terus berjalan. Peran yang sangat baik oleh pihak manapun harus ikut aktif dalam setiap kegiatan pemerintah, karena jika masyarakat tidak ikut aktif pihak-pihak tersebut akan semena-mena dalam bekerja dan pembangunan yang harusnya menjadi wacana kedepan lebih maju akan menjadi terpuruk.

Bukan hanya pembangunan yang harus di perhatikan oleh pemerintah kepri itu sendiri, ekonomi masyarakat juga mesti harus di perhatikan karena potensi yang ada di kepri ialah maritime serta laut dengan sumber ikan yang melimpah banyak masyarakat nelayan yang bekerja sebagai nelayan dengan ekonominya yang dibawah standart.

Jika pembangunan di kepri berjalan dengan baik, maka masyarakat akan lebih bisa membuka peluang untuk mengakses ekonomi mereka menjadi lebih baik dari hari ini. Karena harapan masyarakat serta pola hidup masyarakat merupakan tonggak pemerintah yang bekerja untuk masyarakat agar masyarakat pintar dalam memilih segala sesuatu dan kecerdasan masyarakat berada pada kinerja pemerintah yang baik untuk membangun kepri yang labih maju.

Ditulis Oleh : Niko Julianto

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: