Pulau Mengkian Panjan Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

Anugerah Pesona Indonesia merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia. Ajang Apresiasi pilihan masyarakat (people choice) ini secara langsung mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat daerah dari Kabupaten, Kota, hingga di Provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta menjadikan Pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler. Kegiatan yang bertujuan mengangkat potensi pariwisata yang ada di perkotaan hingga pelosok daerah di Indonesia, ini akan terus dikembangkan lebih baik dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan Nusantara serta Mancanegara.

Pulau Mengkian Panjan, Anambas Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

Tentang Pulau Mengkian Panjan, Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi surga tersembunyi di ujung barat Indonesia yang memancarkan sejuta pesona. Didalamnya terdapat mahakarya Tuhan Yang Maha Esa, saking beningnya air laut, perahu pun seakan melayang. Banyak pulau yang bisa kita temui di Kabupaten Kepulauan Anambas, terdapat lebih kurang 255 Pulau nan exotisme yang memancarkan khas dari masing-masing nama. Salah satu pulau yang ikut dalam Anugerah Pesona Indonesia sebagai nominasi Surga Tersembunyi Populer adalah Pulau Mengkian Panjang. Nama pulau Mengkian Panjang diambil dari nama pantainya yang kian memanjang.

Pulau Mengkian Panjang terletak di Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pulau ini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia sebagai Surga Tersembunyi Populer bersama 18 Kategori lainnya.

Pulau Mengkian Panjang memiliki pasir putih yang bersih sepanjang dua kilometer, keindahan inilah yang menjadinya layak dicap sebagai surga tersembunyi di Indonesia dan khususnya bagi Kabupaten Kepulauan Anambas.

Selain keindahan pantainya, Pulau Mengkian Panjang juga banyak menyimpan keajaiban seperti terumbu karang dan aneka fauna yang bisa ditemukan di daerah ini. Garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit menambah keindahan saat kamu mengabadikannya.

Hal yang Kamu Dapatkan saat berkunjung di Pulau Mengkian Panjang, kamu bakalan dimanjakan dengan keindahan alam Pulau Mengkian Panjang. Walaupun Pulau Mengkian Panjang belum berpenghuni tapi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung menikmati exotimenya pantai dipulau ini. Beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara lebih memilih untuk menginap dengan tenda sederhana yang dibawa oleh mereka. Tak sedikit juga mereka membawa makanan sendiri serta mempersiapkan keperluan lainnya untuk satu malam di Pulau Mengkian Panjang.

Selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa bersnorkeling ria dengan ditemani fauna yang ditemui di terumbu karang sekitar pantai. Jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan kawanan hiu yang sedang berenang di tepian pantai. Selain itu kamu juga bisa mengabadikan suasana malam dengan kamera pocketmu serta keindahan matahari terbenam maupun matahari terbit.

Mengunjungi Pulau Mengkian Panjang, Bagi kamu yang ingin berkunjung menikmati keindahan Pulau Mengkian Panjang, kamu bisa menggunakan transportasi laut. Waktu tempuh menuju Pulau Mengkian Panjang relatif singkat yaitu berkisar antara 30 menit. Anda bisa memulai perjalanan dari Ibukota Kabupaten yaitu Tarempa dengan menggunakan pompong yang dibooking dengan masyarakat setempat, harga yang ditawarkan untuk sekali perjalanan biasanya bervariatif sesuai dengan tawar menawar kamu dengan pemilik pompong.

Pulau Mengkian Panjan, Anambas Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

 

Penulis : Aliansera
Foto : Disparbud KKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: