Pembangunan Menuju Kota Cerdas Dalam Memanfaatkan Teknologi Dan Globalisasi

Globalisasi diartikan sebagai proses yang menghasilkan dunia tunggal. Masyrakat dunia tunggal. Masyrakat diseluruh dunia menjadi saling tergantung di semua aspek kehidupan: politik,ekonomi, dan budaya. Yang menjadi dasar gejala globalisasi yaitu tidak ada satu negarapun di dunia ini yang mampu mencakupi kebutuhannya sendiri. Globalisasi adalah masalah kehidupan modern yang tak terhindarkan.

Adapun upaya menghadapi globalisasi dikehidupan sehari hari yaitu dengan melihat Globalisasi faktanya membawa dampak yang besar bagi kehidupan kelompok masyarakat juga pada setiap individu. Kenapa bisa begitu? Karena di era globalisasi seperti sekarang, seorang remaja seperti kalian dapat dengan mudah mengakses berita-berita, musik, film, dan gaya hidup masyarakat di negara lain melalui internet. Percepatan dan keterbukaan arus informasi inilah yang kemudian mengubah gaya hidup dan cara pandang seseorang.

Globalisasi membawa masyarakat pada keadaan culture shock atau gegar budaya, di mana masyarakat dalam keadaan tidak siap atau terkejut dengan kebudayaan baru yang masuk di kehidupan sehari-hari mereka. Akibatnya, kebiasaan-kebiasaan dan norma-norma lama yang berlaku mulai pudar karena masuknya budaya asing.

Westernisasi adalah sikap meniru dan menerapkan unsur kebudayaan Barat apa adanya tanpa diseleksi. Berlangsungnya westernisasi melalui interaksi sosial yang berupa kontak sosial langsung ataupun tidak langsung. Westernisasi dapat berlangsung terutama melalui media cetak dan elektronik, seperti buku, majalah, televisi, video dan internet.

Westernisasi dapat berlangsung pada setiap generasi baik anak-anak, remaja ataupun orang tua yang kurang peka terhadap nilai kepribadian bangsa Indonesia. Westernisasi di kalangan remaja berlangsung lebih intensif sebab pada usia itu, secara psikologis remaja sedang dalam proses mencari nilai yang dianggap lebih baik.

Negara-negara Barat memang lebih maju, tetapi tidak semua kemajuan harus diserap atau cocok diterapkan di Indonesia. Hal itu bukan berarti semua unsur budaya Barat ditolak untuk berkembang di Indonesia, tetapi harus diseleksi dan disesuaikan dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.

Terpendamnya bakat bakat anak tanjungpinang kepri saat ini menunjuk kan tidak dapat mengendalikan modernisasi, dimana masyarakat terutama pada golongan remaja yang mengagung-agungkan kreativitas budaya barat yang meredupkan minat kreativitas anak bangsa. Dimana anak anak daerah tanjung pinang menggantungkan kreativitasnya pada ciptaan negara asing. Apakah pengaruh modernisasi berdampak pada masyarakat tanjung pinang?.

Bisa kita lihat pada masa ini yang banyaknya remaja remaja pada saat ini melakukan kegiatan kegiatan yang diciptakan oleh negara asing menjadi sebuah budaya diindonesia. Namun ketika kreativitas budaya warisan nenek moyang yang hampir tidak dipedulikan lalu diakui oleh negara asing respown rakyat indonesia menunjukan expresi marah, sedangkan masyrakat pada saat ini lebih mengenal ciptaan barat berupa teknologi yang mengandung unsur barat.

Terkait dengan menegakan pendirian generasi dalam menghadapi dampak globalisasi.  perlunya kesadaran individu atas kerugian yang dialami masyrakat tanjung pinang kita memerlukan landasan dasar untuk menanggulangi dan penjelasannya sebagai berikut:

  1. Waktu
    Pada kemampuan remaja kita dapat memanfaatkan waktu selagi masa remaja pemikirannya masih sangat efektif untuk mencerna keadaan.
  2. Ekonomi
    Kita dapat mengembangkan kreatifitas kita melalui teknologi memperkenalkan budaya dapat menghasilkan ekonomi yang lebih baik, contoh: memperkenalkan makan khas tanjung pinang kedaerah daerah akan.

Dalam mengembangkan minat kreativitas menju ekonomi pada kelompok masyarakat dari individu terlebih dahulu. akan menuaikan hasil yang diinginkan pada masyrakat itu sendiri terutama SDM nya yang akan saling berhubungan dalam menghasilkan perekonomiaan, maksudnya menjalin kerja sama yang saling membutuhkan dalam membentuk sebuah kemauan dan kepentingan bersama.

Ditulis Oleh : Muhammad Ihsan (160569201051)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: