Perencanaan Pembangunan Di Pulau Kundur Kabupaten Karimun

Pulau Kundur merupakan salah satu pulau yang berhadapan langsung dengan kota Tanjung Balai karimun, Pulau Kundur sendiri terdiri dari 3 Kecamatan, yaitu: Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Barat, Kecamatan Kundur Utara. Pulau kundur juga dikenal sebagai pemasok SDA yang mempunyai potensi cukup besar di daerah tersebut, salah satu sumber daya alam yang dikenal pada pulau Kundur tersebut adalah tambang timah.

Letak Pulau Kundur sendiri tidak jauh dari Tanjung Balai Karimun yang boleh dikatakan bersebelahan dengan malyasia, dengan  penduduk mayoritas melayu, Pulau Kundur memang tidak sepopuler dari Tanjung Balai Karimun ataupun Batam karena memang Pulau kumdur masih belum bisa mencolok pada sektor-sektor pembangunan yang masih minim untuk  menjadi sebuah kota yang maju.

Jika dilihat dari berbagai aspek pembangunan yang dililat pada saat ini pulau kundur masih banyak yang belum terfasilitasi mulai dari desa-desa yang belum terpenuhi mulai dari jalan yang kurang layak, jaringan sinyal yang masih melemah diberbagai tempat, lingkungan yang kurang bersih dan tempat wisata yang belum dikembangkan, serta sumber daya alam yang belum bisa dikelola. Inilah penyebab yang membuat lambatnya suatu daerah khusunya di pulau kundur.

Banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut yaitu salah satunya adalah sumber daya manusia yang melemah dan lapangan pekerjaann yang masih rendah, semua hal itu dikarenakan kurangnya pemahaman betapa pentingnya pendidikan bagi kesejahteraan disuatu daerah sehingga banyaknya anak-anak yang putus sekolah, sehingga sulit untuk melakukan pengolahan dan pengembangan. Jika ingin dilihat dari hasil alam pulau kundur  yang terbesar adalah tambang timah yang masih berjalan pada saat ini.

Tulisan yang saya buat ini merupakan penyusunan rancangan untuk pulau kundur kedepannya mulai dari berbagai aspek yaitu ;

  1. Membuat pengembangan dalam mengelola sumber daya alam untuk pemanfaatan pembangunan secara merata dipulau kundur, dengan adanya SDA didaerah pulau kundur maka semakin mudah untuk melakukan pembangunan secara bertahap dan merata.
  2. Memberikan fasilitas akses jalan aspal diberbagai desa untuk mempermudah masyarakat, listrik yang mencakup semua masyarakat pulau kundur, mendirikan jaringan signal 4G dalam mempermudah akses masyarakat menggunakan teknologi secara formal, karena dalam pengembangan suatu masyarakat dibutuhkan jaringan yang kuat apa lagi pada zaman saat ini yang terikat oleh teknologi.
  3. Menjadikan sebuah kota cerdas yang ramah akan lingkungan, kota yang cerdas dipengaruhi oleh lingkungan yang baik untuk masyarakat serta terfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya dengan didirikan taman kota untuk masyrakat umum sebagai tempat berlibur dan taman yang diberikan untuk anak-anak.
  4. Melakukan pengembangan ditempat wisatawan untuk masyrakat dalam negri maupun dari manca negara. Tempat wisata merupakan daya tarik untuk membuat orang menjadi berkeinnginan pergi ke daerah tersebut dan membuat pulau kundur tersebut dikenal diberbagai daerah
  5. Memberikan pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu agar bisa menempuh pendidikan dalam menciptakan ketenagakerjaan yang mempunyai skil dalam melakukan pekerjaan serta pembangunan disuatu daerah yang tidak luput dari pendidikan yang mencorakkan sebagai putra daerah.
  6. Menciptakan lapangan kerja khusus yang melibatkan masyarakat pulau kundur dan sekitarnya secara berskala tinggi, oleh karna itu pendidikan yang didahulukan sebelum terjun dalam dunia kerja

Pembangunan merupakan suatu penataan terhadap suatu daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat, karena kebutuhan dan fasilitas yang dibutuhkan masyrakat merupakan tanggung jawab pemimpin bagaimana caranya memberikan dana bantuan dalam membangun supaya masyarakat bisa menikmati daerah tersebut tanpa rasa terabaikan.

Terciptanya suatu daerah didasarkan atas kemakmuran masyarakat atas terpenuhi semua fasilitas yang telah diberikan dan dikembangkan, dengan begitu maka bisa lah disebut sebagai kota cerdas. Jika dilihat kondisi pulau kundur pada saat ini belum semuanya terpenuhi, misalnya dari insfrastruktur yang belum semuanya hanya berbagai tempat saja dimana desa belum beraspal, akses jaringan 4G, taman yang dikhusukan pada masyrakat serta lingkungan yang belum terjaga.

Adapun perwujudan yang berupa pemenuhan terhadap penciptaan dipulau kundur terdiri diberbagai daerah saj sehingga banyak desa yang belum dapat melakukan dan merasakan seperti apa kota cerdas itu sebnarnya sehingga pada nantinya masyrakat bisa mengubah pola kehidupan yang pada awalnya hidup dengan seadanya tanpa memikirkan hal-hal yang berkaitan pada saat ini namun di zaman ini tidak munkin jika masyarakat harus tertinggal arus teknologi dan perkembangan zaman yang bisa membuat tertinggal anak-anak penerus bangsa.

Pada tulisan diatas merupakan hasil karangan saya tentang bagaimana pembangunan yang akan saya lakukan di Pulau Kundur kab.Karium mendatang menjadi sebuah kota yang di idam-idamkan menjadi sebuah kota cerdas dengan segala pemenuhan tentang kebutuhan masyrakat demi memakmurkan masyarakat Pulau Kundur.

Sebagai seorang yang lahir pada tempat tersebut maka saya berniat untuk membantu dalam perkembangan dan pembangunan di pulau kundur tersebut karna walau bagaimana pun tempat sendiri itulah yang harus dibangun dengan upaya kerja keras yang ingin saya lakukan pada saat ini.

 

Ditulis Oleh : Muhammad Fadli (Mahasiswa Umrah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: