Pembangunan Masa Depan Tanjung Batu Kundur Kabupaten Karimun Dilihat Dari Konsep Kota Cerdas

Tanjung Batu kundur merupakan salah satu pulau yang terdapat di kecamatan kundur, Kabupaten Karimun, dan provinsi Kepualaun Riau. Penduduk dipulau Kundur ini sebagian besar didominasi oleh suku melayu dan bahasa melayu nya juga tidak jauh berbeda dengan melayu Malaysia, karena Negara jiran tersebut jaraknya juga tidsak begitu jauh hanya memakan waktu sekitar 45 menit. Pulau kundur ini mempunyai asal usul kenapa diberi nama kundur, dahulunya ada seorang petani yang sangat berhasil dalm becocok tanam dan suatu hari ia pulang dari bertani dan memikul dari hasil kebun nya tersebut yang berupa buah kundur dalam perjalan pikulannya patah sehingga beserakan, karena kesal buah kundur dan timun itu dilempar kedalam laut dan dari buah tersebut munculah pulau kundur dan pulau timun. Dan pulau kundur ini memiliki 3 kecamatan yaitu kecmatan kundur, kundur utara dan kundur barat.

Dalam merancang masa depan pulau kundur ini dengan menggunakan konsep kota cerdas dapat dilihat dari segi teknologi, pembangunan, ekonomi, penyediaan air, pembangkit listrik, transportasi dan penegak hukum. Dilihat dari segi teknologi yang ada dipulau kundur ini adalah sekarang teknologi dipulau kundur ini masih bisa dibilang sudah lumayan bagus akan tetapi kalau dilihat jaringan masih banyak kekuarangan, masih ada beberapa tempat atau daerah yang jaringannya masih terlihat buruk, masih harus kesana kesini hanya mencari yang nama nya jaringan. Demi membangun masa depan pulau kundur ini kedepan teknologi dan jaringan ini harus adanya rasa tanggung jawab dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar teknologi dan jaringan dipulau kundur tersebut lebih maju dan baik.

Selanjutnya dilihat dari pembangunan dipulau kunduri sudah banyak baru-baru ini pembangunan yang dibangun oleh pemerintah akan tetapi pembangunan tersebut banyak yang sudah terbentuk tetapi tidak sesuai apa yang diharapkan dan dirancang sebelumnya oleh pemerintah karena adanya faktor-faktor yang membuat pembangunan tersebut menjadi gagal, Dan juga pembangunan aspal dipulau kundur ini tidak begitu bagus masih banyak jalan-jalan yang berlubang yang bisa menyebabkan kecelakaan kepada pengendara sepeda motor. Untuk membangun masa depan pulau kundur ini dari segi pemabangunan baik itu pembanguanan pasar,rumah sakit, maupun aspal untuk rancangan kedepannya agar pulau kundur ini pembangunan nya menjadi lebih baik, harus mengeluar arsitektur dari luar negri supaya pembangunan tersebut tercapai dengan maksimal dan dalam pembangunan proyek yang besar, proses awal dengan memilih bahan-bahan konstruksi dan pemikiran lanjut untuk setiap langkah dalam pembangunan dari desain, pengelolahan, dan menggunakan bangunan untuk mendaur ulang bahan-bahan agar masyarakat di pulau kundur ini menjadi nyaman dan tentram.

Dan juga ekonomi yang berada di pulau kundur saat ini sudah membaik akan tetapi masih ada kekurangan yang membuat seluruh masyarakat pulau kundur menjadi resah karena naik turunnya harga sembako dan lain-lainnya, sedangkan hasil dari pekerjaan para masyarakat turun dengan derastis misalnya, harga karet dan kelapa turun sedangakan harga sembako masih melunjak naik oleh karna itu ekonomi dipulau kundur masih ada kekuarangan nya. Untuk membangun masa depan pulau kundur ini dari segi ekonomi kedepannya harus mejadi normal kembali agar masyarakat seluruh pulau kundur tenang dan sumber daya masunia SDM harus lebih ditingkatkan dengan melaksanakan dengan sejumlah program seperti mengoptimalkan harga pangan dipasar dan pemulihan harga sembako.

Selanjutnya pulau kundur ini tingkat air bersih masih belum memadai sehingga apabila musim kemarau telah tiba seluruh masyarakat pulau kundur akan kesusahan mendapakan air besrih untuk karna itu untuk membangun pulau kundur ini air bersih harus lebih di tingkatkan dengan membangun PDAM disetiap daerah tertentu agar musim kemarau masyarakat tidak lagi kesusahan air besih, Dan PDAM tersebut harus volume air 2×10 liter perdetik.

Dan begitu juga dengan pembangunan listrik yang ada dipulau kundur saat ini listrik masih belum normal karena adanya kekurangan pembangkitan listrik untuk masyrakat yang tinggal di daerah pesisir yang malamnya masih menggukan mesin sendiri, dan juga listrik dipulau kundur ini masih belum normal kadang-kadang dalam satu hari dapat mencapai 3 atau 4 kali mati, untuk karena itu untuk membangun masa depan pulau kundur ini harus mengusulkan kepada mentri ESDM Ignasius jonal agar menambahkan kembali 17 titik listrik sebagai upaya meningkatkan infrastruktur listrik hingga daerah pesisir dan pulau-pulau kecil yang masih tertinggal agar masyarakat tersebut dapat menggukan listrik tanpa menggunakan mesin sendiri.

Selanjutnya dilihat dari transportasi yang ada dipulau kundur ini sampai sekarang ini masih berjlan dengan lancar karena adanya sebuah akses yang berjalan dengan lancar. Oleh karana itu masyarakat yang menggunakan transportasi tersebut merasa lebih senang dan aman. Dan untuk membangun masa depan pulau kundur ini agar menjadi lebih baik harus lebih memperhatikan transportasi sebut agar lebih baik supaya bisa mengurangi tingkat kecelakaan dan juga peraturan lalu lintas seperti lampu merah harus senantiasa berfungsi agar pengendara sepeda motor bisa tertib.

Begitu juga dengan penegak hukum seperti polisi harus lebih senantiasa mejaga lalu lintas agar tidak mudahnya terjadi kecelakaan, Penegak hukum yang ada di pulau kundur saat ini jauh lebih baik karena semua penegak hukum patuh pada rakyatnya dan juga sodan dalam melayani masyarakat dalam hal apapun.

Pulau kundur ini juga memiliki infrasruktur yang baik dalam membangun bangunan-bangunan seperti sekarang ini sudah adanya bangunan SPN (sekolah polisi Negara) yang mana seluruh anak-anak didik di SPN di ajarin dengan sebaik mungkin sehingga menjadi penegak hukum yang baik dan bertanggung jawab. Oleh karena itu masa depan pualau kundur ini harus terus membangun infrastruktur yang lebih baik lagi agar tingkat perkembangan semakin maju dengan pesat.

Dan selanjutnya untuk membangun masa depan pulau kundur ini harus pemimpin yang bijaksana dan bertanggung jawab agar pulau kundur ini mejadi pulau yang maju seperti yang diharapkan dari tahun-tahun jauh sebelumnya, pulau kundur ini dari dulu sampai sekarang sudah banyak yang berkembang dimulai dari segi pembangunan, transportasi,ekonomi dan lain sebagainya. Oleh karena kita dimasa yang akan datang sebagai pemimpin harus terlebih dahulu membanguan kampung halam agar menjadi lebih baik dari pada kampung halaman orang lain.

Ditulis Oleh : Zainuddin (160569201027)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: