Kepulauan RiauTanjungpinang

BEM KM UMRAH Hadirkan Sekolah Alternatif Calon Pemimpin Bangsa

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Menjawab tantangan atas krisis Kepemimpinan Nasional, Kementerian Kaderisasi dan Hubungan Kelembagaan Internal Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bangun Sekolah Pemimpin Bangsa guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UMRAH untuk menempa kemampuan kepemimpinannya.

BEM KM UMRAH Hadirkan Sekolah Alternatif Calon Pemimpin Bangsa

Pendidikan alternatif yang mengangkat tema menanamkan jiwa patriotis yang berintegritas sebagai upaya melestarikan nilai luhur budaya, berlandaskan kedudukan pancasila serta bangsa dan yg berdaulat ini dilaksanakan selama dua hari di gedung Asrama Haji Provinsi Kepulauan Riau serta diikuti puluhan mahasiswa yang datang dari berbagai jurusan. (05/05)

Mahasiswa dan Pemuda merupakan Pemimpin Strategis Bangsa, berperan sebagai Generasi Penerus sekaligus pelurus bangsa Indonesia kedepan. Hal tersebut disampaikan Yudi Rijali Muslim selaku narasumber saat menyampaikan materi.

” Sekolah Pemimpin Bangsa adalah suatu kegiatan yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengetahui keadaan nasional hari ini, mendengar permasalah yang terjadi dan mencari penyelesaian dari persoalan tersebut, karena seperti itulah tugas mahasiswa, selain belajar Mereka juga di tuntut untuk bersikap kritis terhadap segala kebijakan negara yang tidak berpihak kepada rakyat “. Ucap Direktur Lembaga Bantuan Hukum Tri Dharma Indonesia tersebut.

Menurutnya,  penguatan nilai nilai perjuangan kepada mahasiswa untuk membangun suatu kesadaran kolektif dan membangun kecintaan terhadap tanah air adalah sesuatu yang wajib difasilitasi oleh civitas akademika atau organisasi kelembagaan di sebuah Universitas, terlebih lagi Mahasiswa diberikan amanat untuk senantiasa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Disamping itu, Novenri halomoan simanjuntak selaku Menteri Kaderisasi dan Hubungan Kelembagaan Internal Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa UMRAH juga menuturkan bahwa kegiatan Sekolah Pemimpin Bangsa yang dilaksanakan ini mampu menjadi wadah belajar kepemimpinan nasional bagi mahasiswa Umrah.

” Kegiatan Sekolah Pemimpin Bangsa ini merupakan harapan kita bersama agar dapat menjadi wadah yang mampu membentuk karakter moral mahasiswa sebagai pemimpin yg jujur, berintegritas, adil, pemberani, pembelajar, dan yang pasti kebiasaan untuk berdiskusi. ” ucapnya.

Menurutnya, sejarah mencatat bahwa mahasiswa selalu berperan aktif dan menjadi motor penggerak dalam perubahan sebuah Negara, semangat itulah yang perlu dibangkitkan kembali ditengah-tengah kaum muda.

Hal senada juga disampaikan Toh Muandy selaku ketua panitia kegiatan tersebut. “Mahasiswa yang menjadi peserta diharapkan mampu mengimplementasikan ilnu yang didapat serta menularkan kepada mahasiswa lain yang masih belum berkesempatan, semoga sekolah pemimpin bangsa dapat dilaksanakan pada kepengurusan berikutnya,” Ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu M. Ali Zaenal Abidin ( Presiden Mahasiswa BEM KM UGM 2016), Ahmad Fauzi Ridwan ( Presiden Mahasiswa BEM Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia 2017), Yudi Rijali Muslim ( Direktur Lembaga Bantuan Hukum Tri Dharma Indonesia) serta Dr. Rumzi samin mewakili Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close