Pj Wali Kota Tanjungpinang Pimpin Upacara Peringatan HARDIKNAS

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, yang jatuh setiap 2 Mei. Upacara ini, dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM, di Lapangan Pamedan A. Yani Tanjungpinang, Rabu (2/5).

Penjabat Wali Kota, Raja Ariza mengatakan peringatan Hardiknas yang kita laksanakan setiap tahun ini, mempunyai tujuan untuk memperkuat komitmen semua insan pendidikan akan pentingnya dan strategisnya pendidikan untuk peradaban dan daya saing bangsa Indonesia. Selain itu juga, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kembali mengingatkan kepada semua insan pendidikan dengan filosofi perjuangan dari Ki Hajar Dewantara yang telah meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa Indonesia.

Tahun ini, lanjutnya, tema peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah ” Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan “. Tema ini kita angkat, karena pendidikan dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat, dimana jika kebudayaan nasional kita kuat di tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bagunan pendidikan nasional Indonesia.

Begitu pula dari sisi pendidikan memiliki peran penting dalam membangun dan melestarikan budaya. Di mana Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam dan menjadi kekayaan budaya tersendiri. Pendidikan harus mampu mendukung keberagaman kebudayaan. Sehingga dengan penguatan pendidikan secara tidak langsung akan berdampak pula pada majunya kebudayaan Indonesia,” ucap Penjabat Wali Kota membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, RI, Muhadjir Efendi.

Dikatakannya, pemajuan kebudayaan memerlukan langkah strategi terhadap upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

“ Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita, bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu, pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh Indonesia “. tambahnya

Pada momentum hari inilah, mari kita sama-sama berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan, pendidikan yang disinari dan dihidupi oleh kebudayaan nasional. Kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam ditanah tumpah darah Indonesia.

” Mari kita satukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan dengan niat ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan “, ajaknya.

Disela-sela acara, Pemerintah Kota Tanjungpinang menyerahkan penghargaan kepada sekolah berprestasi bidang akademik dan non akademik tingkat TK, SD, dan SMP se Kota Tanjungpinang.

Untuk prestasi bidang Akademik tingkat TK terbaik diraih oleh TK Santa Bernadeth Tanjungpinang. Tingkat SD diraih SDS Sion Tanjungpinang. Tingkat SMP diraih oleh SMPN 1 Tanjungpinang.

Sedangkan untuk non akademik, terbaik satu tingkat TK diraih oleh TK Negeri Pembina I Tanjungpinang. Tingkat SD diraih oleh SD IT Al Madinah Tanjungpinang, dan terbaik satu tingkat SMP diraih oleh SMPN 7 Tanjungpinang. Sementara itu, juara umum FLS2SN diraih oleh SMP 4 Tanjungpinang dan SDN 005 Tanjungpinang.

Acara yang dihadiri sejumlah pejabat pemko Tanjungpinang, para insan pendidikan, serta siswa-siswi itu, dirangkai juga dengan pengukuhan pengurus purna Paskibraka Kota Tanjungpinang. (Sumber : Diskominfo Tanjungpinang)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: