BintanKepulauan Riau

Bupati Bintan Kagumi Inovasi TTG Tingkat Kabupaten Tahun Ini

Lihatkepri.com, Bintan – Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengagumi hasil kreasi peserta Lomba Tekhnologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2018 yang digelar di Gedung Demang Lebar Daun, Kota Kijang, Kec Bintan Timur, Rabu (2/5) pagi.

Dalam pagelaran Lomba TTG tersebut, sebanyak 27 kreativitas yang akan memperebutkan uang serta piagam penghargaan, masing-masing sebesar ; juara I Rp 7 juta rupiah, juara II Rp 5 juta rupiah, juara III Rp 3 juta rupiah, harapan I Rp 2 juta rupiah, harapan II Rp 1,5 juta rupiah, dan rangking 6 sd 12 juga akan menerima uang sagu hati.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dalam kesempatan tersebut juga meminta agar peserta lomba dapat terus memberikan inovasi dan kreativitas bagi membangun daerah.

” Hasil karya yang ditampilkan, menunjukkan bahwa kita memiliki SDM yang berkualitas. Dan kita harapkan, Lomba TTG Tahun 2018 ini , mampu menghasilkan sesuatu yang bisa berguna bagi pembangunan dan kemajuan daerah ” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika menuturkan bahwa Lomba TTG Tingkat Kabupaten Bintan akan diselenggarakan selama 2 hari. Para pemenang lomba juga akan mewakili Kabupaten Bintan ke Lomba TTG Tingkat Provinsi Kepri.

” Selain itu, bagi pemenang lomba TTG 3 besar, Dinas PMD Kabupaten Bintan akan memfasilitasi pembuatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Hak Paten terhadap temuan alat teknologi tepat guna tersebut ” ujarnya, dilansir

Saat ditemui, salah satu peserta Raden Syahputra asal Kota Tanjung Uban, Kec Bintan Utara menuturkan terkait temuannya terhadap energi alternatif pengganti minyak dan gas yang dinamai Amega telah mengundang decak kagum Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dan Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Maryanti saat kunjungan melihat inovasi tersebut. Dirinya menuturkan bahwa bahan limbah B3, seperti limbah batubara serta dipadukan dengan limbah rumah tangga dapat dimanfaatkan menjadi inovasi yang bernilai tinggi.

” Amega ini merupakan energi alternatif pengganti minyak dan gas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga seperti memasak. Inovasi ini juga berasal dari Limbah B3 Batubara dan Limbah Rumah Tangga yang tidak terpakai. Bahkan inovasi ini, sudah kami bawa dan uji laboratorium di Balai Tekhnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Batam. Dan hasilnya , positif inovasi ini baik bagi lingkungan ” tutupnya.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close