Polres Karimun Gelar FGD Antisipasi Berita dan Informasi Hoax

Lihatkepri.com, Karimun – Polres Karimun menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Antisipasi Berita dan informasi Hoax serta mendukung sepenuhnya Polri dalam menegakkan hukum bagi para pembuat dan penyebar berita serta informasi hoax. Selasa pagi (24/4/2018).

Polres Karimun menggelar Focus Group Discussion (FGD)

Acara yang menghadirkan seluruh elemen masyarakat, pemuda, Ormas, OKP dan Ormawa ini mengangkat tema Upaya Mencegah Upaya Penyebaran Berita Hoax dan Ujaran Kebencian (Hate Speech) di Kab. Karimun.

Pada awa pembukaan acara, KBO Kantibmas AKP Eriman selalu ketua penyelenggara mengungkapkan, Ia pribadi mengajak bersama-mana mencari cara untuk usaha Kantibmas dalam hal pemberian informasi.

“Di tahun politik hjmari kita hindari berita hoax.” Tegasnya mengawali acara.

Pada acara tersebut, penyampaian materi dilakukan oleh Kabag Humas Pemkab Karimun diwakili Kasubag Aplikasi Data oleh Rio Gunawan S.T. Beliau menyampaikan tentang pengertian hoax adalah suatu kepalsuan yang sengaja dibuat untuk menyatu sebagai kebenaran dengan tujuan tertentu.

“Lebih lanjut disampaikan bahwa, Kita harus cerdas, kreatif dan produktif dalam menggunakan internet. Sejatinya penyebaran hoax paling tinggi adalah melalui media sosial, terlebih isu yang diangkat paling hangat adalah sosial politik yang sebentar lagi memasuki Pilpres 2019.” ujarnya.

Sementara itu Kapolres tidak bisa menghadiri sehingga digantikan dengan Wakapolres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya. Pada sesi tanya jawab para peserta menerangkan berbagai pengertian Berita Hoax dan Informasi Hoax. Hal ini terasa penting, walau berbeda istilah hal ini digunakan untuk membedakan hukuman dan sanski jika UU ITE juga diterapkan pada UU Pers. (Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: