Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sosial Media “Whatsapp”

WhatsApp adalah Aplikasi PlatForm ringkas OS pertama yang kemunculannya sangat tepat sekali dengan memboomingnya SmartPhone diseluruh dunia. Aplikaasi What s App ini merupakan aplikasi terlaris didunia dan sering di Download oleh para pengguna Smartphone.

Kemajuan teknologi yang pesat dibidang komunikasi melahirkan banyak inovasi dan gagasan baru. Ide yang bertujuan untuk memudahkan proses komunikasi manusia menjadi lebih efektif.Dalam kemajuan teknologi informasi juga anda dapat berhubungan dengan orang lain tanpa ada batasan jarak dan waktu salah satu inovasi yang mempermudah proses komunikasi adalah telepon selular atau yang biasa disingkat dengan kata ponsel.

WhatsApp adalah cross-platfom mobile messaging app yang memungkinkan anda untuk bertukar pesan tanpa harus membayar untuk SMS. WhatsApp  tersedia untuk Iphone,Blackberry,Android ,Windows.phone dan Nokia. Karena WhatsApp Messenger menggunakan internet data plan yang sama yanga Anda gunakan untuk email dan browsing web. Total ada biaya untuk pesan dan tetap berhubungan dengan teman teman anda.

Kemajuan teknologi yang pesat dibidang komunikasi telah melahirkan banyak inovasi dan gagasan baru. Ide yang bertujuan  untuk memudahkan proses komunikasi manusia menjadi lebih efektif.dalam kemajuan teknolog informasi juga anda dapat berhubungan dengan orang lain tanpa ada batasan jarak dan waktu . Salah satu inovasi yang mempermudah proses komunikasi adalah telepon selular atau yang disebut ponsel.

WhatsApp adalah aplikasi insatan untuk smartphone. Jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa kita pergunakan di ponsel lama. Tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa. Melainkan data internet , jadi di aplikasi ini kita tak perlu khawatir perlu soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan selama data internet kita memadai.

Sejarah berdirinya WhatsApp Messenger
WhatsApp diciptakan pada awal tahun 2009 oleh Lan Koum seorang imgran Ukraina yang ditnggal di mountain view , California, yang pada satu titik dia harus mengendalkan kupon makanan untuk memenuhi kebutuhan bersama sama dengan ibunya. Pengguna cara berbagi status seperti “Iam busy” atau “At the gym” dengan orang-orang dalam jaringan mereka inilah sebabnya mengapa aplaksi ini disebut “WhatsApp” koum kemudian memilih nama itu karena tedengar seperti “whats up” yang pada dasarnya apa tentang app awalnya dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan kontak seseorang.

WhatsApp Messenger pertama kali di luncurkan pada IPhone dan berjuang di awal dengan hanya beberapa orang pengguna yang menggunakannya secara aktif. Kemudian Apple memperkenalkan pemberitahuan push pada iOS di bulan junii 2009 dan koum menggunakan fitur baru untuk membiarkan kontak pengguna untuk nge-ping setiap kali mereka perbaharui status. Orang-orang segera mulai menggunakan fitur iini untuk berbicara dengan teman teman dengan memperbahurui status mereka dan hampir secara tidak sengaja WhatsApp berubah menjadi layanan pesan(messaging service).

WhatsApp bukan yang pertama sebagai pertama Platorm messaging service dan menggunakan nomor telepon user untuk login, tidak seperti aplikasi pada Skype atau Gtalk dimaan user register menggunakan account . BBM sebenarnya juga melakukan hal yang sama taoi hanya terbatas pada perangkat Blackberry.

Sejak awal tahun 2009 WhatsApp menggelembung menjadi raksasa dengan memperluaasnya ke aplikasi Android  Blackberry juga platform lainnya dan terus menamabahkan fitur yang baru sekarang Mark Zuckerberg turun dengan  $19 billion di atasnya atau sekitarnya $42 per pengguna aktif.

Manfaat WhatsApp
WhatsApp menjadi aplikasi yang paling fenomenal dengan memiliki pengguna yang paling banyak di dunia, aplikasi WhatsApp mengalahkan aplikasi pesan Blackberry Messengger dan juga aplikasi pesan lainnya dalam hal jumlah pengguna terbanyak di dunia. Dari tingkat kepopuleran aplikasi WhatsApp inilah yang kemudian menjadikan Facebook mengakusisi aplikasi buatan Jan Koum dan Brian Action dengan jumlahh yang fantastis yaitu 16 Milyar Dollar atau sekitar 220 Trilyun Rupiah

Meskipun merupakan aplikasi pesan instan , ada yang unik dari WhatsApp , yakni : sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengirman pesan tetap dilakukan melalui nhatomor ponsel yang sudah telebih dahulu didafatarkan .Cara ini berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN, ataupun LINE yang selain nomot juga mendukung email, dan nama pengguna.

Fitur fitur unggulan WhatsApp :

  1. Mengirim pesan teks
  2. Mengirm foto dari galeri atauapun dari kamera
  3. Mengirim video
  4. Mengirim berkas berkas kantor atau lainnya
  5. Menelpon melalui suara
  6. Berbagi lokasi memanfaatkan GPS
  7. Mengirimkan kartu kontak

Dampak Positif dan Negatif dari pengguna WhatsApp
Dampak positif dan negatif dari pengguna aplikasi media sosisal WhatsApp tidak berbeda jauh dengan aplikasi media sosial lainnya. Berikut ini merupakan dampak positif dan negatif sosial WhatsApp media.

Dampak positif :

  1. Untuk mengihimpun keluarga , saudara , kerabat yang terbesar, dengan jejarinh sosial ni sangat bermanfaat dan berperan untuk memepertemukan kembali keluarga atau kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu
  2. Sebagai media penyebaran informasi
  3. Memperluas jaringan  pertemanan
  4. Sebagai sarana untuk mengembangkan ketrampilan dan sosial.
  5. Media pertukaran data
  6. Sebagai media promisi dan bisnis

Dampak negatif :

  1. Susah bersosialisasi dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial media menjadi malas belajar berkomunikasi secara nyata
  2. Situs media sosial akan membuat seseorang lebih mementingkan diri snediri , Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet
  3. Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal
  4. Mengurangi kinerja
  5. Berkurangnya privasi pribadi
  6. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimmiliki internet, pornografi merajalela.

 

Ditulis Oleh : FATY RESWARA (MANAJEMEN MALAM 1 /NIM : 17612300)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: