BintanKepulauan Riau

Target Bintan Tahun ini, Seluruh Desa Miliki BUMDes

Lihatkepri.com, Bintan – Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos menargetkan agar pada tahun 2018 ini, setidaknya seluruh desa di Kabupaten Bintan sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal tersebut dikatakannya, mengingat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diproyeksikan dapat muncul sebagai sebuah kekuatan ekonomi baru di wilayah perdesaan .

“ kita targetkan ditahun 2018, setidaknya 36 Desa di Kabupaten Bintan mampu memiliki BUMDes ” ujarnya di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan.

Dikatakannya juga bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan pada tahun 2018 ini, menerima alokasi Dana Desa (DD) dari APBN sebesar 30,903 Milyar Rupiah dan mengucurkan Anggaran Dana Desa (ADD) ke 36 desa yang bersumber dari APBD Kab Bintan sebesar 50,075 Milyar Rupiah

” Dengan total keseluruhan 83,978 milyar rupiah untuk 36 desa, maka rata-rata perdesa memiliki dana 2,3 Milyar Rupiah. BUMDes harus mempunyai peran disini , terkait pengelolaan dan pemanfaatan potensi atas perputaran dana desa ” ujarnya, dilansir Media Centre Bintan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Bintan setidaknya sudah memiliki 32 BUMDes , hanya 4 desa lagi yang belum memiliki BUMDes.

” Bila 36 desa memiliki BUMDes dengan manajemen yang profesional maka kami yakin ini akan menjadi daya ungkit perputaran ekonomi di desa. yang pada gilirannya akan menyumbangkan Pendapatan Asli Desa . kalau desa sudah memiliki PADesa maka Kepala Desa bisa membuat program-program baru seperti Bantuan beasiswa kepada anak-anak desa yang melanjutkan sekolah, tambahan insentif kepada RT dan RW didesa serta program lain. Sehingga kelak ditargetkan seluruh desa bisa mandiri dan mampu menghidupkan rumah tangganya sendiri ” ujarnya, Sabtu (7/4) pagi.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close