Nasional

Sinergi BUMN Bangun Asrama Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa

Lihatkepri.com, NTB – BUMN sebagai agent of development memiliki dua tanggung jawab besar. Pertama untuk mengejar profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara, sedangkan yang kedua adalah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat, 31 Desember 2017.

Dalam pelaksanaannya, BUMN telah terlibat secara langsung dalam program pengembangan usaha mikro dan kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui Program Kemitraan serta menjalankan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat melalui Program Bina Lingkungan.

Dana program kemitraan disalurkan dalam bentuk pembiayaan modal kerja dan/atau aset tetap untuk meningkatkan produksi dan penjualan, dan pinjaman tambahan untuk membiayai kebutuhan jangka pendek untuk memenuhi pesanan usaha rekan mitra binaan.

Penyaluran dana Program Kemitraan (PK) BUMN untuk wilayah NTB pada tahun 2017 mencapai Rp11,3 Miliar dengan 208 mitra binaan, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp10,3 Miliar dengan 253 mitra binaan. Target terbesar penyaluran dana berada di sektor usaha perdagangan yang hampir setengah dari total penyaluran dana PK di NTB, dan dilanjutkan oleh sektor usaha jasa dan lainnya.

Sedangkan dana Bina Lingkungan (BL) BUMN untuk wilayah NTB pada tahun 2017 mencapai Rp27,7 Miliar dengan target bantuan ditujukan untuk pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, bantuan pendidikan dan sarana ibadah.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Menteri BUMN Rini M Soemarno mengunjungi Nusa Tenggara Barat dengan didampingi oleh Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo, Staf Khusus III Wianda Pusponegoro, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Achmad Baiquni, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Bintang Perbowo, dan Direktur Utama PT PGN (Persero) Tbk Jobi Triananda. Menteri Rini menyerahkan bantuan berupa pembangunan asrama mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) pada Minggu, 31 Desember 2017. (31/12)

Pembangunan asrama mahasiswa UTS ini merupakan wujud nyata program BUMN Hadir Untuk Negeri melalui sinergi sebelas BUMN diantaranya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT PGN (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

“Pembangunan asrama mahasiswa UTS merupakan salah satu bentuk dukungan BUMN terhadap dunia pendidikan mahasiswa NTB.  Inilah bentuk apresiasi kami kepada mahasiswa NTB yang telah mendukung BUMN dalam menjalankan peran sebagai agent of development untuk memastikan adanya pembangunan yang merata ke seluruh wilayah di Indonesia dan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat,” kata Rini. (Sumber: http://www.bumn.go.id)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close