Meningkatkan Pendidikan Didaerah Pesisir

Pendidikan adalah salah satu cara agar dapat mencerdaskan bangsa. Pendidikan merupakan hak dari setiap Warga Negara tanpa membedakan jenis kelamin, ras, dan lain-lain. Disamping itu pendidikan juga merupakan sarana sebagai membentuk karakter dari setiap individu.

Pendidikan di Indonesia itu termasuk dalam kategori yang rendah. Mengapa demikian, karena minat belajar dan membaca serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi itu kurang di Indonesia. Biarpun sekarang di Indonesia itu sendiri menerapkan wajib belajar 12 tahun. Yang mana masih banyak dari masyarakat di Indonesia itu sendiri tidak melanjutkan pendidikan tersebut.

Sistem pembelajaran yang ada sekarang itu seharusnya tidak disamaratakan. Karena di setiap daerah tidak sama dalam proses pembelajaran. Seharusnya pendidikan yang ada itu dibuat berdasarkan tingkat kemampuan dari daerah itu sendiri dalam sistem pembelajarannya.

Seperti didaerah pesisir Indonesia, yang rata-rata tingkat pendidikannya itu sangat rendah. Dibandingkan dengan didaerah yang di kota, dari segi fasilitas sekolah serta tenaga pendidik yang kurang memadai di kawasan daerah pesisir. Seharusnya, fasilitas pendidikan di pesisir lebih bagus  dibandingkan dengan daerah yang di kota. Karena, kalau di kota lebih mudah mencari fasilitas yang lain, dibandingkan didaerah pesisir. Agar dapat menjadi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Serta menghilangkan pemikiran masyarakat pesisir tentang “Biarpun sekolah tinggi-tinggi, ujung-ujungnya jadi Nelayan juga”. Agar pendidikan didaerah Indonesia baik didaerah kota, pesisir, dan pelosok sekalipun, lebih bagus kualitas pendidikannya.

 

Ditulis Oleh : Amela Al Nikmah Zuliadi Nasty (Mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: