Kepulauan RiauLingga

Tahun Ini, Kasus Kekerasan Terhadap Anak Bawah Umur di Lingga Turun

Lihatkepri.com, Lingga – Kasus kekerasan terhadap anak bawah umur di Kabupaten Lingga mengalami penurunan pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016 lalu.

Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Lingga, Encek Afrizal mengatakan, baik kasus pencabulan dan kasus yang bertentangan dengan aturan hukum serta juga kasus lainnya yang berkaitan dengan anak mengalami penurunan.

Namun, kasus kekerasan seksual terhadap anak masih mendominasi hampir setiap tahunnya di Lingga.

“Data kita dari awal Januari hingga 11 Desember 2017 ini, untuk kasus kekerasan terhadap anak yang kita tangani turun. Hanya 21 kasus. Kalau ditahun 2016 kemaren itu sebanyak 46 kasus,” kata dia, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/12)

Dikatakannya, dari 21 kasus kekerasan anak yang terjadi sepanjang tahun ini, sekitar 5 kasus merupakan kasus kekerasan seksual, selebihnya kekerasan fisik dan kenakalan remaja lainnya.

“Faktor utama yang menimbulkan kasus tersebut terjadi karena situasi hubungan keluarga brokenhome. Sebab pelaku kebanyakan berasal dari dalam keretakan hubungan tersebut. Pelaku ada yang berumur 50 tahun ada juga yang 30 tahun,” ujarnya.

Kedepannya, ia berharap angka kekerasan terhadap anak di Lingga kedepan dapat ditekan dan minim terjadi dengan upaya demi upaya pencegahan yang terus dilakukan oleh pihaknya.

Ia juga berharap kepada pemerintah daerah agar selalu memperhatikan KPPAD Lingga dari sisi kebutuhan anggaran agar kedepan dapat lebih maskimal dalam berkerja. Sebab dirinya juga mengakui saat ini KPPAD masih sangat minim topangan anggaran tersebut. (Wira)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close