WIRAUSAHA SUKSES TERNYATA BERKARAKTERISTIK KHUSUS

Tidak dapat di pungkiri bahwa seorang  entrepreneur (wirausaha) memiliki sifat dan perilaku yang berbeda dengan orang kebanyakan. Menjadi seorang entrepreneur (wirausaha) baru, memulai profesi baru, mengarah kepada kemandirian,  tidak ada salahnya untuk mempelari karakteristik    wirausaha yang sudah sukses  dijadikan informasi awal, pengetahuan dasar tentang pemahaman terhadap berbagai hal berkaitan dengan aktivitas seorang entrepreneural.  Beberapa karakteristik wirausaha suskes antara lain adalah.

Pertama;  Desire for responsibility; wirausaha yang unggul merasa bertanggungjawab secara pribadi atas hasil usaha yang  sedang  lakukan. Mereka lebih dapat mengendalikan sumberdaya-sumberdaya yang dimiliki dan menggunakan sumberdaya tersebut untuk mencapai harapan pekerjaannya. Wirauaha  yang berhasil dalam jangka panjang haruslah memiliki rasa tanggung jawab atas usaha yang dilakukan dijalankan sesuai dengan komitmen awal, menciptakan lapangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan bagi pihak yang memerlukan, memberi kontribusi terhadap pembangunan, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemampuan untuk menanggung risiko bukan berarti harus takut  untuk berbuat, resiko dapat terjadi kapan saja jika komitmen awal tidak dilaksanakan. Hal ini sering  terjadi ketiga seorang pelaku bisnis ingin meraup  keuntungan di luar kewajaran, maka yang diperolehnya adalah sesuatu diluar dugaan.  Sesuatu yang  tidak wajar akan menjadi pusat perhatian dan peneliitan pengguna/konsumen atau aparatur negara, seperti  beras oplosan, tujuannya tidak lain ingin meraup keuntungan dengan cara tidak lazim dan tidak wajar.  Setiap pelaku usaha memiliki berbagai resiko se­perti,  risiko keuangan, risiko teknik, resiko persaingan adakalanya muncul, sehingga wirausaha harus mampu meminimalkan risiko-resiko tersebut agar tetap dapat bertahan.

Kedua; Tolerance for ambiguity; Ketika kegiatan usaha dilakukan, mau tidak mau harus berhubung­an dengan orang lain, baik dengan karyawan, pelanggan, pe­masok bahan, pemasok barang, penyalur, masyarakat, maupun aturan legal formal. Wirausaha harus mampu menjaga dan mem­pertahankan hubungan baik dengan stakeholder. Keberagaman bagi wirausaha adalah sesuatu hal  yang berarti guna memperluas pasar. Kemampuan un­tuk menerima keberagaman merupakan  suatu ciri khas wirausaha guna menjaga kelangsungan hidup bisnis atau perusahaan dalam jangka panjang.

Ketiga; Vision; Wirausaha yang berhasil selalu memiliki cita-cita, tujuan yang jelas kedepan yang harus dicapai secara terukur. Visi merupakan filosofi, cita-cita dan motivasi mengapa perusahaan hidup, dan wi­rausaha akan menterjemahkan ke dalam tujuan, kebijakan, ang­garan, dan prosedur kerja yang jelas. Wirausaha yang tidak jelas visi kedepan   kecenderungan untuk gagal sangat tinggi.

Ke-empat; Tolerance for failurer. Usaha yang berhasil membutuhkan kerja keras, pengorbanan waktu biaya dan tenaga. Wirausaha yang terbiasa dengan kreativitas dan inovasi kadangkala atau bahkan sering mengalami kesulitan. Proses yang cukup panjang dalam mencapai kesuksesan tersebut akan meningkatkan kepribadian toleransi terhadap kegagalan usaha.

Kelima; Internal locus of control; Didalam diri manusia ada kemampuan untuk mengendalikan diri yang dipengaruhi oleh internal diri sendiri. Wirausaha yang ung­gul adalah yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan dirinya sendiri. Kerasnya tekanan kehidupan, persaingan binis, perubahan pola dan metode kerja yang begitu cepat dalam dunia bisnis akan meningkatkan tekanan ke­jiwaan baik mental, maupun moral dalam kehidupan kesehari­an. Wirausaha yang mampu mengendalikan dirinya sendiri akan mampu bertahan dalam dunia bisnis yang makin komplek.

Ke-enam; Continuous Improvement; Wirausaha yang berhasil selalu bersikap positif, mengangap peng­alaman sebagai sesuatu yang berharga dan melakukan perbaikan terus-menerus. Pengusaha selalu mencari hal-hal baru yang akan memberikan manfaat balk dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Wirausaha memiliki tenaga, keinginan untuk terlibat dalam petualangan inovatif yang akan membawa konsekuensi menguntungkan dimasa depan.

Ke-tujuah; Preference for moderate risk.  Dalam kehidupan berusaha, wirausaha selalu berhadapan dengan intensitas risiko. Sifat wirausaha dalam menghadapi resiko dapat digolongkan ke dalam 3 macam sifat mengambil resiko, yaitu risk seeking (orang yang suka dengan risiko tinggi), moderat risk (orang yang memiliki sifat suka mengambil risiko sedang), dan risk averse (orang memiliki sifat suka menghidari risiko) Pada umumnya wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk memilih risiko yang moderate/sedang, di mana ketika mengambil keputusan memerlukan pertimbangan yang matang, hal ini seja­lan dengan risiko wirausaha yang apabila mengalami kegagalan di tanggung sendiri. 

Ke-delapan; Confidence in their ability to successWirausaha umumnya memiliki keyakinan yang cukup tinggi atas kemampuan diri untuk berhasil. Mereka memiliki kepercayaan yang tinggi untuk melakukan banyak hal dengan baik dan sukses. Mereka cenderung untuk optimis terhadap peluang keberhasilan dan optimisme, biasanya berdasarkan kenyataan. Tanpa keyakin­an kepercayaan untuk sukses dan mampu menghadapi tantangan akan menurunkan semangat juang dalam melakukan bisnis.

Ke-sembilan; Desire for immediate feedback. Perkembangan yang begitu cepat dalam kehidupan usaha menunut wirausaha untuk cepat mengantisipasi perubahan yang terjadi agar mampu bertahan dan berkembang. Wirausaha pada umumnya memiliki keinginan untuk mendapatkan respon atau umpan balik terhadap suatu permasalahan. Persaingan yang begitu ketat dalam dunia usaha menuntut untuk berpikir cerdas, cepat menanggapi perubahan. Wirausaha memiliki kecenderungan untuk mengetahui sebaik apa ia bekerja dan mencari pengakuan atas prestasi secara terus-menerus.

Hasil wawancara  dengan  beberapa wirausaha di wilayah ini,   mengatakan bahwa, “Jiwa wirausaha dapat terbentuk bilamana pekerjaan tersebut di “jiwai”  Pendapat dimaksud  sangat sederhana,  tapi  mempunyai  makna,  artinya “focus”  pada sesuatu yang sedang di kerjakan. Semoga  bermanfaat

 

Ditulis Oleh : Akhirman.MM (Dosen FE. UMRAH & MD KAHMI  Batam

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: