Kepulauan RiauLingga

Jusuf Kalla di Daik, Ini Makna Dibalik Penandatanganan Sumpah Setia Melayu-Bugis

Lihatkepri.com, Lingga – Kedatangan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Daik Lingga bukan hanya sebatas membuka secara resmi Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antar Bangsa dan menerima gelar kebesaran adat melayu.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

Namun, pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di Indonesia itu juga akan menandatangani batu tertulis di Daik Lingga.

“Nanti pak Wapres juga akan melakukan Penandatanganan Sumpah Setia Melayu-Bugis,” kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga Muhammad Ishak, Senin (20/11/2017).

Dikatakannya, penandatanganan batu tertulis tersebut menandakan bahwa dengan adanya sumpah setia ini, tercermin adanya kerjasama baik antara suku Melayu dan Bugis sehingga menimbulkan Tamadun.

“Nah itu harus kita arsipkan sumpah Melayu itu, dan itu menjadi semangat untuk terus kerjasama antar suku, antar jabatan Yang Dipertuan Besar dan Yang Dipertuan Muda,” ujarnya.

Berikut isi Sumpah Setia Melayu – Bugis

Inilah Bunyi Aruk Kelana Jaya Putera Setelah di Lantik Oleh Baginda Sultan Sulaiman Menjadi Yang Dipertuan Muda I

“Lihatlah Sultan Sulaiman Badr Al-Alam Syah, Akulah Yang Dipertuan Muda Yang Memerintahkan Kerajaanmu. Barang Yang Aku Tiada Suka Engkau Membujur Dihadapanmu, Maka Aku Bujurkan. Barang Yang Semak Berduri Dihadapanmu, Aku Cucika” (Sumber: Tuhfat Al-Nafis Hal.61)

(Wira)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close