Kepulauan RiauLingga

Basarnas Kepri Pastikan Unit SAR Terbentuk di Lingga

Lihatkepri.com, Lingga – Badan SAR Nasional (Basarnas) yang sekarang bernama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNNP) pastikan di tahun 2018 mendatang akan terbentuk Unit SAR di Kabupaten Lingga sesuai permintan Pemkab Lingga.

Kepala Kantor Basarnas Kepri, Djunaidi mengatakan, untuk pembentukan Unit SAR Siaga di Lingga, memang pihaknya sudah memohon ke Basarnas pusat bahwa Lingga sudah perlu dibentuk.

“Sudah harus dibentuk disana (Lingga) karena potensi, kemudian frekuensi daripada kecelakaan disana itu sangat-sangat signifikan. Jadi harus dibentuk,” kata dia ketika dihubungi dari Lingga, Selasa (7/11).

Disamping dari wilayah laut yang luas, memang Basarnas semestinya harus dibentuk di Kabupaten Lingga. Hal demikian dikarenakan Basarnas merupakan tim evakuasi, pencari serta penolong.

“Memang Pemda mendukung pembentukan itu, sehingga Pemda mengusulkan ke kami, untuk ada yang dikatakan Basarnas di Lingga. Karena sesuai dengan perhatian Pemda dengan masyarakatnya yang pernah terjadi kecelakaan dan tidak ada yang mencari,” ujarnya.

Sehingga pada saat itu, Djunaidi mengaku pihaknya sudah membuat naskah akademik untuk dibentuk pada tahun 2018.

“Per Januari, kami sudah upayakan berjalan yang dikatakan SAR Unit Siaga di Kabupaten Lingga dengan mengirim beberapa peralatan-peralatan yang ada untuk menolong korban kecelakaan. Dan kita akan menyediakan perahu karet sebelum dibuatkan kapal dari Basarnas,” katanya.

Dikatakannya, jika Unit SAR sudah terbentuk, dirinya juga berharap Pemda dapat menghibahkan lahan tanah untuk dapat dibuatkan Kantor SAR. Hal itu guna menaikkan tipe Unit SAR menjadi Pos atau Kantor SAR.

“Dengan adanya Unit SAR di Lingga, saya berharap pencarian dan pertongan itu lebih cepat dilaksanakan, lebih cepat dan tepat untuk menolong masyarakat yang ada di Kabupaten Lingga. Karena apa? kalau dari Tanjungpinang bergerak ke Lingga, akan memakan waktu 5 hingga 6 jam untuk tiba ke tempat kecelakaan, keburu orang meninggal baru kita menolong,” ujarnya.

Dengan demikian, jika Unit SAR hadir di Lingga, jika terjadi kecelakaan, pihaknya dapat langsung melakukan tindakan. (Wira)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close