SMP Islam Terpadu Al-Madinah Tanjungpinang Ikuti Belajar Bela Negara

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG turut hadir dalam acara pembukaan. Ia menuturkan, problematikan remaja akhir-akhir ini, adanya degradasi mental dan prilaku.

Maka melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa, tumbuh semangat juang. Berwawasan kebangsaan, disiplin, mandiri, peduli terhadap sesama dan memiliki aklah atau karakter yang baik.

Dalam hal ini, Sebanyak 183 siswa dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Al-Madinah Tanjungpinang mengikuti pembelajaran Bela Negara dan Bina Mental Juang dari Korem 033 Wira Pratama di Senggarang. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dengan menginap. Dimulai, Kamis-Sabtu (2-4/11). Peserta merupakan siswa kelas VII, VIII dan IX.

Kepala Penerangan Resor Militer 033 Wira Pratama, Mayor Inf A.R.Sipahutar mengatakan, materi yang diterima siswa nantinya beragam. Mulai dari wawasan kebangsaan, bersikap dalam menerima informasi hoax terutama yang menyebarkan kebencian. Ini dinilai penting, agar siswa tidak salah dalam mengambil tindakan.

“Melalui kegiatan ini, para siswa diberikan pemahaman bahwa Indonesia itu, Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila sebagai idiologi bangsa untuk tetap kokoh menjadi NKRI,” ujarnya.

Selain itu, siswa juga akan belajar baris berbaris, pengenalan dasar senjata diselingi dengan fun game serta renungan dan ibadah bersama.

”Diharapkan dapat memberikan inspirasi dan menjadi motivasi bagi para siswa untuk terus berjuang mencetak prestasi dan berbuat yang terbaik demi kemajuan daerah, bangsa dan Negara Indonesia,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai upacara pembukaan.

Kegiatan ini bertujuan sebagai pengenalan dari Pasal 27 ayat (3) UUD 1945. Bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Memiliki jiwa korsa dan kedisiplinan dasar. Pelatihan mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan karakter bela negara.

“Dicirikan dengan adanya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila dan rela berkorban bagi bangsa dan negara. Serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik dan mental,” ujarnya.

Harapannya, para pemuda juga merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjaga kedaulatan NKRI agar tetap tegak berdiri.

Pelatihan bela negara ini diharapkan mampu merubah pola pikir dan pola hidup para pemuda untuk menjadi lebih disiplin, lebih mencintai tanah airnya.

Waka Kesiswaan SMPIT Almadinah, Zulkarnain Simbolon menuturkan, selama ini dibenak masyarakat kegiatan bela negara identik dengan persenjataan. Padahal bukan hal itu saja, ada kegiatan penting lainnya yaitu menanamkan rasa cinta tanah air.

Ada banyak kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mengikuti pelatihan. Semua dilakukan dibawah pembinaan anggota Korem yang tentunya mempertimbangkan berbagai aspek termasuk keselamatan, kesehatan dan ketahanan fisik masing-masing peserta.

 

 

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: