BintanKepulauan Riau

Pertahankan Adipura, Dalmasri Himbau Pentingnya Peran Semua Pihak

Lihatkepri.com, Bintan – Kabupaten Bintan telah tiga kali meraih piala Adipura dan untuk dua tahun terakhir Bintan secara berturut-turut berhasil meraih predikat yang menjadi penghargaan cukup bergengsi bagi daerah-daerah di Indonesia.

Semakin tahun semakin bertambah kriteria bahkan persyaratan untuk meraih gelar kehormatan terhadap kebersihan lingkungan tersebut. Untuk itulah, dalam rangka mempertahankan serta mengembangkan penghargaan Adipura di Kabupaten Bintan, Pemkab Bintan melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Rapat Koordinasi Program Adipura 2017-2018 di Ruang Rapat III Kantor Bupati Bintan, Kamis (26/10).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM didampingi Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara, MM tersebut membahas tentang kesiapan Kabupaten Bintan khususnya Kecamatan Bintan Timur sebagai kategori Kota Kecil untuk kembali berbenah menuju Adipura di tahun hadapan.

Dalmasri mengungkapkan pentingnya kerjasama dan komitmen dari berbagai pihak baik Pemerintah, Swasta maupun masyarakat dalam mempertahankan gelar bergengsi ini. Dirinya juga menekankan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat berkenaan dengan kegiatan Adipura dimaksud.

“Selepas ini tidak ada lagi pembakaran sampah di area taman kota. Untuk KCW yang telah ada kita tingkatkan perawatannya dan jika belum ada kita adakan. Penebangan pohon di lahan antam kita ubah dengan pemangkasan saja. Ini semua butuh kerjasama semua pihak, komitmen kita bersama untuk Bintan” pungkasnya saat memberi arahan dalam rapat, dikutip dari laman Media Center Bintan.

Sekda Bintan sempat menuturkan perlunya gerakan ragam penghijauan dan gerakan bahan daur ulang yang selama ini dianggap masih minim. Adi menambahkan bahwa pengaturan satgas kebersihan harus dapat dioptimalkan dengan sistem kelola yang baik. “Ini semua untuk Bintan. Kita harapkan juga agar terjadi peningkatan nilai dari tahun sebelumnya” ungkapnya.

Sebelum menutup rakor, Dalmasri memberikan arahan agar rapat lanjutan dilakukan kembali pekan depan di Kecamatan Bintan Timur dengan mengundang seluruh RT/RW dan Instansi terkait. Ini semua dimaksudkan agar kesiapan akan semakin matang. Dijadwalkan pada minggu pertama bulan Desember nantinya, Tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI akan melakukan penilaian langsung di Bintan.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close