KEMENHAN Kepri Gelar Seminar Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Semangat Bela Negara

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – KEMENHAN Kepri Gelar Seminar Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Tentang Semangat Bela Negara Di Lingkungan Pendidikan Dan Lingkungan Kerja Di Provinsi Kepulauan Riau dengan Tema ” Meningkatkan Semangat Bela Negara Dalam Rangka Mewujudkan Pertahanan Negara Yang Tangguh”,  Kamis (26/10/2017) pukul 09.12 Wib di Gedung Aula Gubernur Dompak.

Turut Hadir, Sekda Prov. Kepri, Dprd Prov. kepri Sarapudin Alwan, Polda Kepri, Wakil Polda, Korem 033/ WP, LANUD Tanjungpinang, Badan Kesbangpol Prov. kepri, Kasdim 0315 /Bintan, Lantamal IV Tanjungpinang, Peserta berjumlah 93 orang terdiri dari Pegawai Pemerintah Prov. Kepri dan Mahasiswa se-Kepri (Akbid Anugrah Bintan, Umrah, STTI tanjungpinang).

Sambutan, Kepala PTP KEMENHAN Kepri, Laksamana Pertama TNI Suwarno, Se mengatakan bahwa pertahanan negara pada hakikatnya adalah pertahan semesta. yg melibatkan seluruh rakyat indonesia. sesuai dengan landasan UUD 45 dan UU no 32 tentang pertahanan negara.

“Pertahanan melibatkan seluruh bagian negara baik Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA),” ujarnya.

Sistem Negara saat ini menghadapi ancaman non militer, dalam mengahadpi non militer lembaga negara diluar pertahanan negara, melakukan Langkah-Langkah menghimbau pada semua untuk memahami ancaman non militer, dari bidang ekonomi, sosial, budaya politik dan lain-lain.

Kemenhan melalui seminar ini, mengharapkan semua baik Pemda dan mahasiswa menghadapin ancaman non militer dalam rangka pertahanan negara yang menjadi kewajiban seluruh warga negara.

“Harapan keseriusan pada para peserta menyimak dan berusaha untuk mengerti dan bertanya agar dapat memahami materi dari para narsumber,” ujarnya.

Selanjutnya, Gubernur Kepri yang di Wakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra , Drs. H. A. Riza, MM mengatakan bahwa bapak Gubernur sangat antusias tentang bela negara, biasa setiap tgl 28 okt mengajak adik-adikmahasiswa berkeliling diwilayah kepri baik laut dan darat terutama kita memiliki luas laut yang sangat luas.

Mengenai bela negara dan pertahanan negara dari zaman dahulu, hingga ada rezim Orba dan reformasi dengan berbagai rezim ini mewarnai karakter pemuda yang bekerja di berbagai bidang.

“Saat ini kita perang dengan teknologi. Alam sudah berubaha, ada pergeseran dan perubahan ini diwarnai dengan berbagai perubahan. Namun ada senjata ampuh untuk memerat keutuhan NKRI dan Bangsa Indonesia.

“Adanya 4 Pilar berbangsa dan bernegara sehingga negara kita tetap berdiri tegak. Sikap kita selalu kembali pada pancasil, UUD 45, NKRI, dan kebhinekaan. Ancaman-ancaman saat ini berbgai macam bentuk, Radikalisme, teorisme, narkoba menjadi kesulitan bagi pihak-pihak terkait, sehingga membutuhkan kerja sama berbagai pihak dan seluruh warga negara,” ujarnya.

Seminar ini dipimpin oleh Rendra Setyadiharja, S. Sos, M. IP selaku Moderator dan bebrapa Narasumber seperti Letkol Laut Hasto Sarwono, (Pabanrem sops Lantamal IV Tanjungpinang) dan Drs. Syamsir (Badan Kesbangpol Prov. Kepri) serta Drs. Zamzami A. Karim, MA (AKADEMISI).

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: