Disdukcapil Lingga Targetkan Validasi Data Kependuduk Selesai Desember Mendatang

Lihatkepri.com, Lingga – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga targetkan selesaikan validasi data kependudukan hingga bulan Desember 2017.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Lingga, Syamsudi mengatakan, validasi ini penting dilakukan sebab berdasarkan Data Kependudukan Bersih (DKB) Kabupaten Lingga per 30 Juni 2017, yang tercatat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hanya 94.962 jiwa. Padahal berdasarkan data pelayanan yang dilakukan jumlahnya mencaoai 101.500 jiwa. 

“Artinya ada sekitar 7 ribuan warga Lingga yang diragukan keberadaannya. Hal ini terjadi karena server kependudukan Kemendagri tidak dapat mengakses penduduk yang bersangkutan karena beberapa faktor,” kata dia kepada Lihatkepri.com, baru-baru ini.

Dikatakannya, beberapa faktor yang menjadi penyebab ditolaknya data kependudukan warga adalah karenan adanya kemiripan nama dan alamat. Tidak pernah berubah status dan faktor-faktor lainnya. Hal ini disebabkan karena letak geografis Kabipaten Lingga yang merupakan daerah kepulauan.

“Kami telah melakukan validasi dibeberapa daerah tujuan yang ditenuka data kependudukan yabg diragukan ini. Hasil pendataan yang dilakukan tidak ada pendusuka ganda. Yang terjadi adalah minimnya informasi yang diperoleh warga di pelosok menyebabkan mereka tidak melakuka verifikasasi data keluarga yang terbaru,” ucapnya.

Berdasarkan hal ini, ia berpendapat bahwa jumlah penduduk Lingga yang riil lebih dari 100 ribu jiwa. Nantinya hasil validasi data ini akan dibawa ke Kemendagri agar DKB Lingga dirubah sesuai dengan validasi yang dilakukan. Untuk menguatkannya jumlah penduduk sesuai validasi tentunya akan dibawa bukti pendukung

“Mudah -mudahan target dapat tercapai,” imbuhnya. (Wira)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: