Kepulauan RiauTanjungpinang

Tahun Baru Islam, Wisuda 1000 Santri dan Tabligh Akbar di Tanjungpinang

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1439 Hijiriah/2017 Masehi. Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar berbagai kegiatan Islami.

Perayaan Tahun Baru Islam 1439 Hijiriah / 2017 Masehi di Kota Tanjungpinang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (20/9).

Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijiriah, diawali dengan Pawai dan Wisuda 1000 Santri oleh para pelajar tingkat Paud,TK, SD dan SMP se Kota Tanjungpinang. Pada Rabu malam digelar Tabligh Akbar yang mendatangkan Ustadz M. Subki Al-Bughury, S. Sos. I, yang kerap hadir mengisi tausiyah di TV Nasional.

Mereka melakukan pawai dengan berjalan kaki dimulai dari Pelataran Gedung Gonggong Tepi Laut menuju panggung utama di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang sebagai tempat berakhirnya pawai 1000 santri.

Para santri terlihat riang mengikuti pawai tersebut, sambil berjalan mereka yang mengenakan pakaian toga melantunkan syiar Islam.

Di panggung utama sudah menanti Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH dan sejumlah pejabat untuk melakukan prosesi wisuda kepada 1000 santri. Sementara Wakil Walikota H. Syahrul, S.Pd, ikut bergabung berjalan bersama para santri dalam pawai tersebut.

Walikota H. Lis Darmansyah, mengatakan anak adalah amanah dari Allah SWT yang menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memberikan mereka bekal berupa pendidikan dan pengetahuan, terutama agama Islam. Pengetahuan dan nilai-nilai akhlatul karimah perlu kita tanamkan sedini mungkin kepada anak-anak kita.

Walikota mengharapkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, khususnya orang tua, pembina, guru dan masyarakat dalam mengembangkan TPA/TPQ yang ada di kota Tanjungpinang. Kepada ananda yang baru di wisuda, bapak ucapkan selamat, semoga ini menjadi motivasi untuk meningkatkan gairah keislaman, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, ” ucap Walikota

Dikatakan Walikota, tahun baru Islam 1439 Hijiriah dapat dimaknai sebagai cermin perjuangan untuk memperbaiki kehidupan. Momentum ini hendaknya dapat membuahkan perubahan dalam perilaku seorang muslim.

” Dengan diniatkan, tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun baru Islam harus membawa makna perubahan, yakni menghijrahkan diri pribadi untuk lebih baik serta di ridhoi Allah SWT “, katanya

Lebih lanjut dikatakan Walikota, perkembangan teknologi yang cukup canggih saat ini ada keuntungan dan ada mudharat. Teknologi memberi kemudahan bagi kita, namun di satu sisi masyarakat menerima informasi tanpa filter dan ditelaah terlebih dahulu, sehingga menjadi gejolak.

Untuk itu, Walikota menghimbau masyarakat untuk senantiasa memanfaatkan kemajuan teknologi pada tujuan yang positif. Kepada umat muslim, para mubaligh, dan lembaga dakwah, beri perhatian terhadap upaya pembinaan umat melalui dakwah yang benar dan isi pesan beragama, ” Mari kita perkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT “, ajak Walikota

Kepada kaum muslimin dan muslimat, selamat tahun baru Islam, semoga tahun baru ini ada perubahan yang lebih baik dalam kehidupan kita, kalau sama saja dengan tahun sebelumnya, maka seorang muslim itu boleh dikatakan merugi dan belum mampu memaknai datangnya tahun baru Islam. Semoga kita bisa bersama bahu-membahu membangun kota Tanjungpinang lebih baik, ” tutup Walikota

Wisuda 1000 santri diikuti utusan dari Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 428 Santri, Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 274 Santri, Kecamatan Bukit Bestari 221 Santri dan Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 77 santri. Kesemua peserta telah melewati proses seleksi di tingkat masing-masing Kecamatan.

Pada malam tabliqh akbar, Pemerintah Kota Tanjungpinang menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Pawai Takbir Idul Adha. Hadiah diserahkan langsung oleh Walikota kepada para pemenang yang didampingi Wakil Walikota, unsur FKPD dan sejumlah pejabat.

Perayaan tahun baru Islam dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, unsur FKPD, jajaran OPD, Camat, Lurah, ASN dan Honorer dilingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.*(Humas  Pemko Tanjungpinang – )

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close