Kepulauan RiauLingga

5 Sapi dan 3 Kambing Dikurbankan di Masjid Al Mu’awwanah Cening

Lihatkepri.com, Lingga – Bertempat di Masjid Al Mu’awwanah kampung Cening Kelurahan Daik, sebanyak lima sapi dan 3 kambing dipotong pada perayaan Idul Adha 1438 H. Sejumlah hewan qurban tersebut merupakan sumbangan warga kampung Cening.

Kasmadi, Ketua Masjid Al Mu’awwanah ketika dikonfirmasi mengatakan hampir 85 persen hewan qurban merupakan sumbangan dari warga Cening. Ini merupakan bentuk kerjasama dan kekompakan warga yang tetap harus terbina.

“3 ekor juge dari warga Ceneng. Artinya memang warga yang semua berqurban, tidak ada sumbangan dari pihak luar,” ujar dia, Sabtu (02/09).

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilakukan pada hari ini, disebabkan pada hari pertama Idul Adha jatuh pada hari Jum’at, (01/09) kemarin. Dengan alasan pada hari Jum’at waktu yang digunakan untuk ukuran mengolah daging qurban sidak maksimal, karena sebagai umat muslim, lelaki yang sudah baligh harus melaksanakan ibadah shalat Jum’at.

“Semalam itu karena hari Jum’at. Jadi Kami lakukan ibadah penyembelihan hewan qurban hari ini,” tutur dia.

Dia katakan untuk berat bersih daging hewan qurban tersebut mencapai 420 Kg. Daging ini dibagi secara menyeluruh pada tiap warga di Kampung Cening. Tidak hanya daging, bentuk tulang belulang ymjuga dibagi secara rata.

Pantauan lapangan, proses pelaksanaan penyembelihannya hewan qurban dilakukan pada pagi. Puluhan panitia bekerja dengan bahu membahu. Kebersihan diutamakan pada masa pemotongan daging. Selain itu ibu-ibu juga turut menyediakan makan siang. Sekitar pukul 11.00 siang, daging yang sudah di kantongi dengan berat rata-rata Kg lebih siap dibagikan kepada warga. (Wira)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close