Ingin Pulihkan Semangat Masyarakat Bertani, Ini Kata Kades Bukit Langkap

Lihatkepri.com, Lingga – Masih belum normalnya semangat masyarakat Desa Bukit Langkap Kecamatan Lingga Timur bertani padi akibat gagal yang tiada kesudahan menimbulkan kesan tersendiri.

Kepala Desa Bukit Langkap Sudarmin mengatakan, pihaknya sudah pernah melakukan rapat evaluasi untuk memecahkan kendala kegagalan panen pertanian padi tersebut.

Namun, menurutnya jika hasil rangkuman evaluasi itu difasilitasi serta adanya upaya antisipasi, ia meyakini semangat petani yang semula melemah bisa kembali pulih.

“Penyebab gagalnya penanaman padi di sawah Desa Bukit langkap itu kompleks. Hama juga ada, kultur tanah sama zat besi juga ada. Tapi kan ada upaya yang bisa dilakukan seperti untuk menanggulangi hama ini kan menggunakan pestisida, kemudian kadar tanah antisipasinya dengan zat kapur, kemudian zat besi solusinya dengan pengeringan lahan,” kata dia, Selasa (18/07).

Dikatakan Sudarmin, pihaknya saat ini juga sedang menyusun konteks untuk menyurati Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga.

“Kalau kemarin itu, kita evaluasi hanya sebatas konsultasi, tapi untuk tidak melangkahi kedinasan kita akan menyuratinya,” ujarnya.

Ia menilai, saat ini bantuan yang dikucurkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI sifatnya hanya mendongkrak dan tidak sepenuhnya. Sehingga hal itu tentu saja menjadi kendala. (Wira)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: