STAI Natuna Beri Bekal Pengetahuan Studi Keislaman Kepada Mahasiswa Baru

Lihatkepri.com, Natuna – Sebagai usaha dalam memberikan pembekalan pengetahuan, sikap mental, dan keahlian dalam mempelajari nilai-nilai Islam kepada mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018, STAI Natuna memberikan pembekalan berupa studi keislaman.

Studi keislaman ini diadakan mulai dari hari senin (17/07/17) sampai hari jum’at (21/07/17). Kegiatan ini diketuai oleh Said Ali Syahroni, S.Pd.I. dalam kegiatan kajian keislamaan ini juga diisi dengan para pemateri berasal dari dosen STAI Natuna itu sendiri, seperti H.Nikmat Sabli, Lc, H. Umar Natuna, M.Pd.I, Said Muhammad Rahimin, S.Ag., MM, Lizawati S.Pd.I, Supirman, M.Pd.I, dan Kartubi, SE.MEI.

Materi yang diberikan berupa dasar-dasar keislaman, yaitu arti atau makna Islam dan tujuan diturunkan, sistematika ajaran Islam(aqidah, syariah, dan akhlak), rukun Islam, rukun iman dan keterkaitannya, dalil-dalil naqli maupun aqli yang mendasarinya, sumber-sumber pokok ajaran islam(Al-Qur’an dan Hadist), sumber hukum lain produk ijtihad, produk hukum syariah dan fiqih dalam berbagai aspek, seperti aspek ibadah, muamalah, jinayah, dan munakahat.

Lalu ada keilmuan dalam Islam, seperti dasar-dasar keilmuan dalam Islam, paradigma keilmuan dalam Islam, metode pengembangan ilmu, dan pembidangan ilmu. Dan juga tidak ketinggalan materi sejarah dan dinamika mahasiswa, seperti sejarah mahasiswa Indonesia, peran sejarah mahasiswa, tantangan dan tanggung jawab sosial keagamaan mahasiswa STAI Natuna, dan profil mahasiswa ideal.

 Orientasi studi keislaman terhadap mahasiswaa baru STAI Natuna tahun akademik 2017/2018 ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mental dan kultur mahasiswa baru dalam menghadapi proses perkuliahan di perguruan tinggi.

Memberikan pembekalan pengetahuan, sikap mental dan keahlian dalam mempelajari nilai-nilai Islam, sehingga lebih memudahkan dalam menerima materi perkuliahan saat perkuliahan, memperkenalkan ruang lingkup kajian, materi, metode dan amalan dalam Islam, dan agar ada terwujudnya kesetaraan tujuan dan pencapaian yang akan ditempuh dalam studi di STAI Natuna. (Yoolee)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: