Santai Sejenak di Pasir Panjang Karang Bersulam

Wisata Lingga – Cuaca pagi cukup mendukung, langkah kaki mulai diayunkan untuk mengunjungi hamparan putih Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam yang berada di Dusun Malar Desa Mepar, Sabtu (27/05).

Dengan perjalanan darat yang menghabiskan waktu sekitar 20 menit dari Kota Daik sambil melewati perkampungan warga yang berada di sepanjang jalan seperti Kampung Budus, Kampung Tengah, Cenut, Kado dan Malar itu membuat perjalanan terasa lebih santai.

Sambil melihat kiri dan kanan jalan yang juga masih ditumbuhi pepohonan yang lebat serta perkebunan lada sahang (merica) warga setempat, tidak terasa kami pun tiba di lokasi pantai yang tidak jauh dari jalan raya itu.

Setibanya di pantai dengan hamparan pasir putih halus yang cukup bersih itu seolah – olah hentakan gelombang menyambut kedatangan kami dengan riuhnya.

Walaupun terlihat tidak ada seorangpun pengunjung lainnya selain kami, akan tetapi suasana pantai yang menghadap laut lepas itu terasa nyaman. Sambil duduk ditempat peristirahatan yang ada, pemandangan luasnya lautan memanjakan mata kami yang memandang.

Walaupun Pantai Pasir Panjang Karang Bersulam itu berada jauh dari pemukiman warga, akan tetapi dalam sehari ada saja para pengunjung yang mendatangi pantai tersebut untuk sekedar berjalan – jalan baik diwaktu pagi maupun sore hari.

Di hamparan indahnya pantai yang dihiasi pepohonan kelapa itu, tepat diujung tanjung pantai juga terdapat sebuah benteng pengintai pada masa Kerajaan Lingga – Riau dengan nama Benteng Tanjung Cengkeh.

Dari atas benteng, para pengunjung juga akan dapat melihat begitu indahnya hamparan Gunung Daik bercabang tiga yang namanya termasyhur hingga ke negeri jiran Malaysia.

Selain itu, sebagaimana diketahui Pantai Pasir Panjang ini ramai dikunjungi ketika adanya perayaan hari besar seperti ketika budaya mandi safar yang dilakukan sejak turun temurun di Negeri Bunda Tanah Melayu.

Antusias masyarakat Lingga laksanakan budaya mandi safar masih terus dilakukan hingga saat ini. Hal itu terlihat dengan ramainya masyarakat memenuhi tempat-tempat wisata pemandian seperti pantai, sungai maupun air terjun yang ada di Kabupaten Lingga. (Wira)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: