Kepulauan RiauTanjungpinang

MUHAMMADIYAH TANJUNGPINANG BUKA KAMPOENG RAMADHAN

Ramadhan 1438H sebentar lagi datang menghampiri masyarakat muslim di seluruh dunia, namun hingga kini pemerintah belum menetapkan jatuhnya 01 Ramadhan 1438H. Berbeda dengan Muhammadiyah, sebagai sebuah organisasi Islam terbesar dan tertua di Indonesia, mereka telah menetapkan tanggal jatuhnya 01 Ramadhan dan 01 Syawal 1438H. Dengan demikian maka diharapkan masyarakat dapat mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk menyambut datangnya bulan suci yang didalamnya ada satu malam yang setara dengan 1000 bulan.

Hal ini disampaikan noleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tanjungpinang, Bapak H.Mukhtar Sujadi, “Alhamdulillah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memutuskan bahwa tanggal 01 Ramdhan 1438H jatuh pada hari Sabtu pahing tanggal 27 Mei 2017. Sedangkan untuk idul Fitri atau 01 Syawal 1438H jatuh pada hari Ahad Legi tanggal 25 Juni 2017. Hal ini didasarkan pada Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2017 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1438H. Penetapan beberapa tanggal yang vital bagi masyarakat muslim Indonesia tersebut didasarkan pada hasil hisah hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah”.

Guna menyambut datangnya bulan suci ramadhan tersebut Muhammadiyah Kota Tanjungpinang akan mempersiapkan berbagai event yang dibungkus dalam Program Kampoeng Ramadhan 1438H. Program Kampoen Ramadhann akan dipusatkan di Komplek Muhammadiyah Kauman Batu 8 mulai dari Halaman Parkir gedung Muhammadiyah dan Masjid At Taqwa. Demikian penjelasan yang disampaikan Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Dr.A.Suradji Muhammad, M.Si.

“Program Kampoeng Ramadhan ini adalah yang pertama dan akan kita teruskan pelaksanaanya pada tahun-tahun yang akan datang. Kami berharap bahwa datangnya Bulan Suci Ramadhan ini akan memberikan spirit baru dalam menunaikan Ibadah Selama 1 bulan penuh ini. Oleh karenanya kami menyiapkan berbagai event mulai Bazar Ramadhan, Pelatihan Mubaligh bagi Remaja dan Dewasa, Pesantren bagi Lansia dan juga Mualaf, Kajian Kamisan yang dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama. Khusus untuk Buka Bersama pihak Takmir Masjid akan menyediakan setiap hari bagi yang sedang dalam perjalanan atau tidak sempat untuk berbuka di rumah”, lanjut Pak Adji, panggilan akrabnya.

Untuk Penanggungjawab seluruh event Kampoeng Ramadhan ini ditunjuk Ustad Ramanda. Ramanda merupakan Sekretaris Majelis Tabligh dan Tarjih Muhammadiyah Kota Tanjungpinang periode 2016-2020. Ramanda membenarkan bahwa akan ada rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Program Kampoeng Ramadhan 1438H, “kita akan menggelar berbagai event mulai dari Pengenalan Ramadhan atau Tarhib Ramadhan, Pesantren Kilat bagi lansia, mualaf, Pelatihan Mubaligh bagi Remaja dan Dewasa. Kampoeng Ramadhan ini akan semakin semarak dengan hadirnya bazar ramadhan dimana masyarakat dapat mengisi stand stand yang disediakan oleh Panitia sebanyak 40 stand. Untuk pemesanan stand dapat menghubungi 085248596585 atau 0771 8081171 dengan biaya per stand 350K. Dengan biaya stand tersebut, masyarakat sudah mendapatkan fasilitas tenda dan stand ukuran 2×1.5 meter. Bagi masyarakat yang tidak menggunakan stand atau tidak kebagian stand Panitia juga memperbolehkan masyarakat membuka stand sendiri dengan biaya yang lebih murah tentunya”, terang Ramanda.

Kami berharap jika Kampoeng Ramadhan ini sukses maka akan kita lanjutkan dengan bazar mingguan dengan konsep “SUNMOR/Sunday Morning” sebagaimana yang dilakukan Universitas Gadjah Mada. Dengan demikian kita akan memprioritaskan masyarakat yang terlebih dahulu menggunakan stand-stand bazar di Kampoeng Ramadhan kali ini.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close