Kepulauan RiauTanjungpinang

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah : Dokter Kecil Harus Pintar dan Jujur

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Berkumpulnya peserta didik yang terpilih menjadi Dokter Kecil di sekolahnya tersebut, untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Dokter Kecil yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Jum’at ( 25/11) Aula SMK Negeri 1 Tanjungpinang terlihat dipenuhi siswa dan siswi tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Tanjungpinang.

Tanya Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, kepada dokter cilik, Siapa yang ingin jadi dokter ?”, dengan serentak siswa siswi mengangkat tangannya, kompak ” Saya, saya pak ” seru mereka. Jika ingin jadi dokter, anak-anak harus terus belajar, kata Walikota. Rajin dan cerdas menjadi modal utama untuk seorang dokter, ” Kunci utama menjadi dokter itu harus rajin, rajin belajar, cerdas, rajin menolong orang, yang penting harus jujur “timpal Lis kepada seluruh siswa dan siswi.

Selanjunta, Walikota mengingatkan para dokter kecil, untuk selalu menjaga kesehatan diri dan lingkungan, ” Kalian harus memelihara kesehatan diri lebih dulu, lalu menjaga dan memelihara lingkunga agar tetap sehat, baik di sekolah maupun lingkungan rumah, apa yang disampaikan nanti di catat kemudian di praktekkan, anak-anak dipercaya dan diberi tugas untuk memberitahu teman-teman agar menjaga dan memelihara kesehatan “,pesan Lis

Dalam hala ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam, SKM, M. Si, mejelaskan bahwa pelatihan ini sebagai salah satu upaya menggerakkan siswa siswi yang memenuhi kriteria dan terlatih dalam peningkatan kesehatan diri dan lingkungan sekolah.

“Dalam pelatihan ini, peserta didik akan mendapatkan transfer ilmu pengetahuan dari tenaga kesehatan untuk dijadikan bekal sebagai dokter kecil di sekolah mereka masing-masing, agar mereka bisa hidup bersih, sehat, dan selalu menjaga lingkungan sekitar mereka “. jelasnya

Lanjut Rustam, Meteri yang akan diberikan untuk para dokter kecil ini, meliputi perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan mulut dan gigi, penyakit menular dan kesehatan lingkungan, jajanan yang sehat dan makanan bergizi, serta Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Dalam Pelatihan Dokter Kecil diikuti sebanyak 144 siswa yang berasal dari SD/MI se- Kota Tanjungpinang, mereka terbagi dalam 2 angkatan. Angkatan pertama dari SD di Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Tanjungpinang Kota, dimulai 25 s.d 26 November, sedangkan angkatan ke-2 dari SD di Kecamatan Bukit Bestari dan Tanjungpinang Barat pada 28 s.d 29 November mendatang.” terangnya

Selain itu, mengenai tim penilai akreditasi yang akan datang nanti, sambung Rustam, Puskesmas batu 10 dan Pancur akan dinilai untuk akreditasi, mohon doanya, mudah-mudahan 2 unit puskesmas ini mendapat akreditasi paripurna,” tutupnya

Acara tersebut juga disejalankan dengan penyerahan Dokter Internsip ke wahana penugasan RS dan Puskesmas. Ada sebanyak 58 Dokter yang akan mengabdi selama 1 tahun 4 bulan. Para dokter itu akan ditempatkan di Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas, yaitu Rumah Sakit Umum Provinsi, RSUD, Puskesmas Sungaijang, Puskesmas Batu 10, dan Puskesmas Pancur.

Hadir dalam acara itu, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Staf Ahli, Kepala Dinas Pendidikan, para guru, Kepala Sekolah, serta dokter internsip. (Sumber:  http://tanjungpinangkota.go.id)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close