Uncategorized

Mahasiswa KKN Kebangsaan sosialiasikan Pentingnya Cuci Tangan

Lihatkepri.com, Bintan – Busung Sehat adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh KKN Kebangsaan 2016 wilayah desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam Kabupaten Bintan, dengan tujuan meningkatkankesadaranmasyarakat terutama siswa-siswi SDN 003 Seri Kuala Lobam dan ibu-ibu Desa Busung terhadap kebiasaan sehat yaitu senam pagi, kebersihan lingkungan, sarapan sehat, pelatihan cuci tangan dan dokter kecil serta skrinning kanker payudara melalui pelatihan SADARI ( Pemeriksaan Payudara Sendiri).

Program ini akan memfasilitasi masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan pencegahan penyakit. Pada tahap pertama, Sabtu 30 Juli 2016 dimulai dari pukul 07.00 WIB siswa-siswi telah berkumpul dengan semangat berbaris rapi sesuai pengelompokkan kelas masing-masing. Kegiatan pertama yaitu senam pagi, siswa-siswi dan guru-guru mengikuti senam dengan aktif dipimpin oleh dua siswi sebagai instruktur.

Acara dilanjutkan dengan gotong-royong yang dinamakan Sabtu Bersih setelah mendapatkan pengarahan dari guru. Gotong royong didampingi oleh wali kelas dan anggota KKN Kebangsaan 2016. Pembagian kelompok per kelas untuk mempermudah kelancaran dan efisiensi program. 26 orang yang berasal dari kelas 1 dan dokter kecil yang berjumlah 10 orang memulai kegiatan dengan sarapan sehat.

Peserta diberi edukasi mengenai pentingnya zat gizi pada sarapan dan waktu yang tepat untuk sarapan. Selanjutnya kegiatan difokuskan di kelas masing- masing. Pelatihan cuci tangan menggunakan lagu dan geakan agar mudah dihafal dan dimengerti oleh peserta. Sedangkan pelatihan dokter kecil menggunakan Role play  dan pembersihan UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Peserta sangat aktif bertanya dan memberikan argumentasi serta pengalamannya.

Sementara kelompok lain melakukan latihan baris-berbaris, permainan rakyat dan menyanyikan lagu-lagu daerah. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari pihak sekolah. Diharapkan kegiatan ini menjadi tolak awal dalam keberlanjutan kebiasaan sehat.

 

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close