BatamKepulauan Riau

Tahun Ini, 4000 Rumah di Batuaji-Sagulung Nikmati Gas PGN

Lihatkepri.com, Batam – Pada Tahun 2016 ini, sebanyak 4000 rumah tangga di kawasan Kecamatan Sagulung dan Batuaji akan menikmati gas rumah tangga dari PGN. Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat mengatakan jumlah tersebut terbagi di 16 perumahan.

“Di Sagulung itu Perumahan Fanindo, Marina, dan Bambu Kuning. Sementara di Batuaji ada 13 perumahan. Realisasinya tahun ini,” kata Amin saat buka bersama PGN di Batam Kota, Selasa (21/6).

Menurut Amin, penentuan lokasi pembangunan jaringan gas rumah tangga ini berdasarkan permintaan dari Pemerintah Kota Batam. Pemko yang minta ke Kementerian terkait, kemudian PGN melaksanakan sesuai perintah Kementerian.

Sepanjang 52 kilometer jaringan gas yang dibangun di Batuaji-Sagulung, dengan jalur utamanya sepanjang 6,5 kilometer.

“Jargas di Batuaji-Sagulung realisasinya di tahun ini. Sehingga total 5000-an rumah tangga yang akan menikmati gas PGN di 2016,” ujarnya, dikutip dari laman Media Center Batam.

Amin mengatakan penggunaan gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga seperti masak dan pemanas air jauh lebih hemat dibanding LPG. Ia mencontohkan biaya yang dikeluarkan untuk memasak dengan gas PGN 50 persen lebih murah dari penggunaan tabung LPG 3kg, dan 60-70 persen lebih hemat dari gas 12 kg.

“Hitungannya itu sekira Rp 3260 per meter kubik. Selain itu gas pipa juga jauh lebih aman dari LPG. Karena sifatnya yang lebih ringan dari udara sehingga langsung menguap ke atas. Sementara gas LPG lebih berat dari udara sehingga bila ada kebocoran akan mengendap di bawah,” terangnya.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close