Internasional

Sadiq Khan Muslim Pertama Yang Pimpin Kota London

Lihatkepri.com, Inggris – Sadiq Khan berhasil memenangkan pemilihan dengan raihan 44,2 persen suara, dilansir melalui USA Today, Sabtu (7/5/2016) dan Khan disebut sebagai Wali Kota London pertama yang berasal dari muslim.

Sadiq Khan mengalahkan pesaingnya, Zac Goldsmith yang berasal dari partai Konservatif, dengan raihan hanya 35,6 persen suara. Itu terjadi dalam pemilihan putaran pertama.

Namun pada putaran kedua, menurut laporkan BBC, pria yang berdarah Pakistan (Sadiq Khan) ini, berhasil mengungguli Goldsmith, dengan raihan lebih dari 50 persen suara.

London merupakan salah satu kota terpadat di Inggris, dan akhirnya dipimpin oleh seorang wali kota dari agama minoritas di negara itu.

Sadiq Khan berhasil menang dan dinobatkan menjadi wali kota muslim pertama di London. Sosok Khan (45) ini merupakan keturunan Pakistan, yang orangtuanya hanya bekerja sebagai supir bus.

Khan ditunjuk oleh Partai Buruh Inggris, untuk maju dalam pemilihan Wali Kota London. Mengawali kariernya, Khan sebagai pengacara hak asasi manusia ini berhasil menyingkirkan koleganya di Partai Buruh seperti Tessa Jowell, Diane Abbott, David Lammy, Gareth Thomas, dan Christian Wolmar, di mana sebagian besar adalah anggota parlemen.

Selainjutnya, usai diumumkan sebagai pemenang pemilu, Khan mendapatkan berbagai ucapan selamat. Beberapa di antaranya pemimpin partai buruh, Jeremy Corbyn, Perdana Menteri Inggris, Manuel Valls, Wali kota New York, Bill de Blasio, dan politikus lainnya.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close