BintanKepulauan Riau

Apri Sujadi Buka Diklat CPNS Golongan II dan III Tahun 2016

Lihatkepri.com, Bintan – Kedatangan  Bupati Bintan Apri Sujadi, S.Sos menghadiri acara Diklat (Pendidikan dan Latihan) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan III Kategori Umum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan Tahun 2016. Dalam acara tersebut turut hadir, Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN (Lembaga Administrasi Negara) yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak M. Iqbal, Asisten Bupati Bintan, Para Kepala SKPD, Camat, dan para undangan lainnya.

Apri Sujadi mengatakan kepada para peserta agar dapat mengikuti Diklat ini dengan sebaik-baiknya dan manfaatkanlah diklat selama kurang lebih 2 bulan ini dalam rangka untuk membentuk karakter sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil).

“Tentunya, setelah mengikuti Diklat ini nantinya para peserta harus terus mengembangkan potensi dan kemampuannya sebagai PNS, karena kedepan tantangannya semakin berat” ujar Apri Sujadi, Senin (28/3) di Hotel Hermest Agro Bintan, Toapaya.

Selanjutnya, Apri Sujadi juga mengatakan bahwa para peserta Diklat yang hadir pada saat ini merupakan yang telah dinyatakan lulus pada seleksi yang telah diikuti oleh ribuan orang. Tentu hal ini, harus benar-benar di manfaatkan untuk menimba ilmu dan kemampuan sebagai PNS yang mana akan menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

“Pada hari ini, saya berharap agar rekan-rekan para peserta Diklat bisa memaksimalkan Diklat ini selama 2 bulan dan rekan-rekan juga harus terus mengembangkan ilmu yang didapat,” ujar Apri Sujadi, dikutip dari laman Panfage Pemerintah Kabupaten Bintan.

Selain itu, Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN (Lembaga Administrasi Negara) yang dalam hal ini diwakili oleh M. Iqbal juga mengatakan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Bintan yang secara rutin melaksanakan Diklat ini dan selalu berkoordinasi kepada LAN.

“Rekan-rekan yang hadir ini akan menjadi calon pengganti kami (Para PNS senior), untuk itu rekan-rekan harus serius dalam meningkatkan kemampuan diri karena kompetensi kedepan tantangannya lebih besar lagi,” ujar M. Iqbal.

M. Iqbal mengatakan, tantangan kedepan ini tentang adanya MEA dan apalagi letak Kabupaten Bintan yang dekat dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Setalah lulus jangan berhenti untuk mengembangkan diri untuk sekolah lagi. Karena baik daerah maupun pusat, telah terbuka lebar untuk proses pengembangan diri. Kedepannya ASN melakukan program pengembangan diri 80 jam pelajarannya setiap tahun untuk mengembangkan kompetensinya,” ujar M. Iqbal.

M. Iqbal juga berharap, bukan hanya mengembangkan diri dari keilmuan saja melainkan juga meningkatkan etika sebagai PNS yang merupakan pelayan Masyarakat.

“Kalau segi akademis rekan-rekan sudah canggih namun dari segi etika harus di tingkatkan,” ujar M. Iqbal.

Selain itu,  M. Iqbal mengatakan, dalam Diklat ini ada dicantumkan materi tentang (Etika Publik) yang mana para PNS harus menghormati dan menghargai rekan-rekan dan senior di Lingkungan tempat bekerja.

Selanjutnya, dalam Diklat ini akan diajarkan (Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme), (Akuntabilitas) dan (Komitment Mutu) agar terus dapat meningkatkan mutu kualitas pekrjaannya.

“Selain itu juga, ada materi Anti Korupsi, kita gencar sekali untuk mendorong agar seluruh PNS memiliki integritas tinggi dan mendorong agar tidak korupsi,” ujar M. Iqbal.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bintan, Dra. Irma Anisa mengatakan bahwa tujuan Diklat ini agar membentuk PNS yang profesional dan membentuk karakternya sebagai nilai dasar menjadi PNS dalam melaksanakan tugas dan perannya nanti sebagai pelayan Masyarakat.

“Adapun peserta Diklat ini yakni dari CPNS Golongan II dan III yang berada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan. Para peserta Diklat ini baik dari Golongan II maupun III sebanyak 114 orang dan diantaranya yakni CPNS Golongan II sebanyak 75 orang dan Golongan III sebanyak 39 orang,” ujar Dra. Irma Anisa.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close