Melalui PPAN dan KPN, Ciptakan Duta Pemuda berkualitas

Lihatkepri.com, Batam – Purna Caraka Muda Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (PCMI Kepri), Jumat (26/2) kemarin mengadakan Roadshow seputar aktivitas pemuda, yaitu PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) program dari Kemenpora, yang bekeja sama dengan pemerintah maupun Non-Governmental Organization (NGO) negara terkait yang telah dilaksanakan pada tahun lalu.

Roadshow yang berlangsung di Politeknik Negeri Batam ini berisi tentang infomasi yang dibagikan oleh para pemuda yang telah merasakan hasil dari program pertukaran pemuda dan kapal pemuda nusantara yang diadakan oleh kemenpora, serta membagi informasi seputar seleksi program tersebut untuk tahun ini.

Pada program kapal pemuda nusantara, sekitar 400 pemuda diberangkatkan dan 5 pemuda diantaranya berasal dari Kepri pada tahun lalu, dengan tujuan teluk Tomini, yang berada didaerah Sulawesi. perjalanan diawali dari pelabuhan Tanjung Priok , Jakarta, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 bulan. dilain program yaitu program pertukaran pemuda antar Negarra (PPAN), sekitar 200 lebih pemuda dari berbagai daerah di Indonesia, terpilih melalui seleksi yang ketat, dan diberangkatkan dengan tujuan dan waktu yang berbeda-beda.terdapat 6 program yang berbeda pada pertukaran pemuda ini yaitu, pertukaran pemuda Indonesia – tiongkok yang memberangkatkan 100 pemuda selama 2 minggu, Indonesia – Malaisya 20 pemuda selama 2 minggu, Indonesia – Korea Selatan 19 pemuda selama 1 bulan, Indonesia – India 24 pemuda selama 2 minggu, Indonesia – Australia 18 orang selama 4 bulan, dan program kapal pemuda Asia Tenggara – Jepang yang menyertakan 28 pemuda selama 3 bulan.

Kepri menjadi salah satu provinsi yang dipercaya untuk mengirimkan delegasinya, total 10 pemuda yang terpilih menjadi perwakilan Provinsi pada program tahun 2015 lalu. 5 pemuda untuk program Kapal Pemuda Nusantara, dan 5 pemuda untuk program pertukaran pemuda antar negara. sebelumnya seleksi dilakukan selama 3 hari di Ibu Kota Provinsi, Tanjung Pinang. setelah itu, pemuda yang lolos seleksi menajalani pelatihan selama beberapa bulan sebelum diberangkatkan.

Salah satu perwakilan Kepri untuk program Pertukaran Pemuda antar Negara 2015 yaitu David, mahasiswa Program Studi Teknik Multimedia Jaringan semester 6 Politeknik Negeri Batam, mengatakan “2 minggu di tiongkok pada program PPAN ini memberikan saya pengalaman yang luar biasa. Serta dapat mengunjungi sebuah negara yang saat ini sedang dilihat dunia karena perkembangannya yang sangat pesat, bersama dengan 99 pemuda luar biasa dari seluruh penjuru Nusantara lainnya, dan hanya terjadi sekali seumur hidup merupakan suatu kebanggan dan sejarah tersendiri dalam hidup saya,” ujar David.

Untuk tahun ini, PCMI Kepri Kembali membuka pendaftaran untuk berbagai program tersebut, yang dimulai dari tanggal 1 maret sampai 31 Maret 2016. PCMI Kepri juga menyediakan link untuk membantu siapa saja yang ingin ikut serta dalam program binaan Kemenpora ini, melalui situs PCMIKepri.Blogspot.com, segala informasi mengenai program-program ini telah disediakan di PCMIKepri.Blogspot.com.

Pada Roadshow yang berlangsung di Politeknik Negeri Batam tersebut, David yang menjadi salah satu pembicara selaku Alumni Program pertukaran Pemuda antar Negara megharapkan pada tahun ini, terdapatt banyak pemuda yang antusias untuk mengikuti seleksi program-program tersebut sehingga dapat melahirkan pemuda-pemuda yang berkualitas dan berwawasan Luas, serta menutup Materi pada hari itu dengan ungkapan “kamu bisa mengunjungi berbagai negara sebagai turis, tapi belum tentu bisa sebagai seorang Duta pemuda”. (Bem/PoliBaam)

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: