Dalmasri Syam Ziarah Makam Raja-Raja Bintan di Bukit Bijana

Lihatkepri.com, Bintan – Ziarah, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, MM didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Ismail , Camat Teluk Bintan Syukhri , Tokoh Masyarakat Prov Kepri Huzrin Hood , Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Bintan Ronny Kartika serta masyarakat setempat berziarah ke Komplek Makam Raja-Raja Bintan Bukit Bijana di Kecamatan Teluk Bintan, Jum’at (25/2).

Menurut sejarah tradisi ini diperingati setiap tanggal 17 Jumadil Awal/Maulud Ke 3 oleh masyarakat sekitar, yang tinggal di sekitar kaki Gunung Bintan. Tradisi ini muncul sejak tahun 1943 atau bertepatan dengan zaman penjajahan Jepang. Masyarakat sekitar melakukan ziarah ke Makam Leluhur Raja-Raja Bintan di Bukit Bijana dengan membaca doa dan membawa pulut kuning serta bunga telor .

Menurut Dalmasri Syam, MM bahwa hal ini merupakan budaya setempat yang wajib di hormati dan di lestarikan sehingga keanekaragaman budaya yang berkembang di masyarakat hendaklah terus dipertahankan sehingga memperkaya Budaya Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, MM juga mengatakan mengenai bidang pendidikan di daerah Tambelan. Dikarenakan letak geografis Kecamatan Tambelan yang cukup jauh dari Kabupaten Bintan , maka Pemerintah Kabupaten Bintan akan fokus meningkatkan Sumber Daya Guru khusus untuk di Kecamatan Tambelan. Hal ini di karenakan , Pemerintah Kabupaten Bintan menginginkan agar anak-anak Kecamatan Tambelan dapat merasakan dunia pendidikan seperti di daerah lain di Kabupaten Bintan.

“Untuk di Daerah Tambelan dengan geografis yang berbeda serta mempunyai jarak tempuh yang cukup jauh , Sumber Daya Guru akan kita maksimalkan sehingga anak-anak Tambelan dapat merasakan seperti di daerah lain. Untuk fasilitas pendidikan akan kita lihat , apabila diperlukan akan kita tingkatkan juga,” ujarnya

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: