Trump Puji Kim Jong Un Dalam Singkirkan Lawan Politik

Lihatkepri.com, Iowa – Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, memuji pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Trump menyebut gaya kepemimpinan Kim Jong Un, yang menurutnya luar biasa dalam mengeksekusi lawan-lawan politiknya.

Sementara dalam kampanyenya di Ottumwa, Iowa, akhir pekan lalu, Trump sempat menyinggung Korut yang baru saja melakukan uji coba nuklir pada 6 Januari lalu. Dia menyebut Kim Jong Un sebagai seorang maniak, namun kemudian memujinya.

“Anda harus memberinya pujian. Seberapa banyak anak muda — dia sepertinya berusia 26 atau 25 tahun ketika ayahnya meninggal — mengambil alih dari jenderal-jenderal tangguh, dan tiba-tiba… dia masuk, dia mengambil alih, dia menjadi bos,” sebut Trump merujuk pada Kim Jong Un, seperti dilansir media Inggris, The Telegraph, Senin (11/1/2016).

Selain itu, ini luar biasa. Dia menyingkirkan pamannya, dia menyingkirkan orang ini, orang itu. Maksud saya, pria ini tidak main-main. Dan kita tidak bisa macam-macam dengannya.

Sementara, komentar Trump ini merujuk pada kabar eksekusi mati paman Kim Jong Un, Jang Song Thaek, yang merupakan istri dari adik perempuan ayah Kim Jong Un. Pada 12 Desember 2013, dikabarkan Jang Song Thaek (67) dihukum mati atas tuduhan berniat menggulingkan keponakannya itu dari kursi pemimpin Korut, termasuk merencanakan kudeta militer. Seluruh anggota keluarga Jang, bahkan yang masih anak-anak, juga dikabarkan dieksekusi mati.

Selain itu, pernyataan Trump ini disampaikan selang beberapa hari setelah Korut mengklaim berhasil melakukan uji coba bom hidrogen untuk pertama kali. Klaim Korut ini menuai keraguan banyak pihak, termasuk AS.

Sementara, Trump sendiri sebelumnya menyebut persoalan Korut menjadi tanggung jawab China. Trump pun menyerukan agar AS lebih menekan China untuk menangani persoalan itu.

Selain itu, baru-baru ini, AS mengirimkan pesawat pengebom jarak jauh B-52 yang mampu membawa hulu ledak nuklir, dan terbang rendah di atas wilayah Korea Selatan untuk pamer kekuatan.

Sumber : DetikNews

Silahkan Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: