Kepulauan RiauTanjungpinang

FORARI Lakukan Pelatihan Konvensi Hak Anak Bersama Forum Anak Se Kepri

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Forum Anak Kepri (FORARI) Lakukan Pelatihan Konvensi Hak Anak bersama 7 FAD Kab/Kota Periode 2021-2023, Sabtu (10 April 2021) di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Gurindam Kepri Depan Pelita Nusantara, Tanjungpinang.

FORARI

Misni, SKM., M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepulauan riau mengatakan tujuan Pembekalan Alat Kelengkapan Forum Anak Kepulauan Riau Periode 2021-2023 adalah dalam upaya meningkatkan fungsi forum anak sebagai wadah partisipasi yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, dalam proses pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau serta meningkatkan peran anak sebagai pelopor dan pelapor.

Disisi selain tujuan atas kegiatan ini, hal yang mendasari pada kegiatan ini adalah proses perlindungan terhadap anak belum sepenuhnya berjalan optimal, ditandai dengan masih adanya anak yang mengalami kekerasan dan diskriminasi.

“Untuk mengatasi hal tersebut sangat diperlukan wadah untuk anak berpartisipasi dan menyampaikan haknya dalam setiap tahapan pembangunan maka diperlukan Pembekalan Alat Kelengkapan Forum Anak Provinsi Kepulauan Riau (FORARI) periode 2021-2023 terkait Konvensi Hak Anak,” ujarnya.

Pembekalan Konvensi Hak Anak ini dihadiri oleh Narasumber yang merupakan salah satu Pemerhati Anak di Kepulauan Riau, Sudirman Latif yang menyampaikan terkait materi Konvensi Hak Anak yang merupakan dasar dari proses pemenuhan hak anak.

Kemudian Narasumber selanjutnya juga merupakan Pemerhati Anak di Kepri khususnya di wilayah Bintan, Eka Bambang yang menyampaikan terkait Organisasi dan Kepemimpinan dan juga Narasumber terakhir yang merupakan alumni Forum Anak menyampaikan terkait Peran Forum Anak dalam Pelopor dan Pelapor.

Azwan Rifa’i selaku Ketua Forum Anak Kepri (FORARI) Periode 2021-2023 mengatakan bahwa, semoga dalam pelatihan Konvensi Hak Anak ini bisa menjadi bekal yang sangat berharga buat kami pengurus baru, karena pelatihan ini merupakan dasar kami dalam melakukan Kegiatan untuk melakukan Pemenuhan Hak Anak di daerah Provinsi Kepri.

Muhammad Aidil, Ketua Sekretariat Forum Anak Kepri (SAFARI) yang merupakan Alumni dari Forum Anak yang masih ikut mendampingi kegiatan anak mengatakan bahwa, dari Sekretariat Forum Anak Kepri akan terus membantu melakukan proses pengembangan Forum Anak di Kepulauan Riau Khusus nya tingkat Provinsi pada bidang kelembagaan dalam proses pengadministrasian Forum Anak.

“Karena Kami merasakan Forum Anak Kepri mengalami kemajuan dalam pola pikir yang kritis oleh adik-adik kita, kemudian juga aktif dalam berorganisasi dengan tujuan melakukan kegiatan sosial dalam pemenuhan hak anak di Provinsi Kepri,” ujarnya

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close