Kepulauan RiauNatuna

Kabupaten Natuna Masuk Zona Hijau Covid-19

Lihatkepri.com, Natuna – Di ruang kerjanya, Jalan Batu Sisir Bukit Arai Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau, Pejabat Sekda Natuna, Hendra Kusuma saat di jumpai oleh media Lihatkepri.com, Selasa (23/03/2021).

Muhammad Amin, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)

Menanyakan perihal vaksinasi, Hendra Kusuma  mengucap Alhamdulillah, kemarin sudah di vaksin dan tidak apa-apa sampai sekarang.

“Saya merasakan biasa-biasa saja. banyak masyarakat yang berpendapat, saya tidak perlu divaksin karena tidak sakit lagipula Natuna kan sudah zona aman, nanti kalo saya di vaksin malah jadi sakit dan sebagainya, meskipun sudah di vaksin saya tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari dari kerumunan,” ujarnya.

Selaku pemerintah, Hendra Kusuma menghimbau dan menganjurkan kepada masyarakat jangan menolak untuk di vaksin.

“Ini demi kebaikan kita,keluarga kita dan masyarakat Natuna umumnya, vaksin ini tidak berbahaya sudah di jamin kehalalannya oleh MUI dan juga tidak berbahaya,” ujarnya.

Meskipun Natuna sudah zona hijau atau aman, menurut Hendra Kusuma kita harus di vaksinlah untuk memberikan kekebalan imun pada tubuh kita agar tidak mudah tertular oleh penyakit dan virus.

“Jadi kita tidak perlu ragu, pemerintah saja mau di vaksin kenapa masyarakat ada yang tidak mau, saya juga berharap Natuna dan masyarakat nya aman, tidak ada lagi yang tertular dari virus yang mematikan ini. ” ujarnya.

Kemudian di tempat yang terpisah, media ini menjumpai Sekretaris Satpol PP, H. Muhammad Amin, berada di ruang kantornya di jalan Soekarno Hatta Ranai, menanyakan tentang perihal, sejauh mana masyarakat Natuna patuh terhadap peraturan protokol kesehatan.

Pada tahun 2020 masih hangat-hangatnya Satpol PP, TNI, Polri dan dishub Kabupaten Natuna melakukan razia yustisi, nyaris dalam satu hari atau 24 jam itu sampai tiga kali di lakukan razia yustisi.

Demi penekanan pada penerapan 4 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Alhamdulillah masyarakat Natuna mulai terbiasa minimal membawa masker dan memakainya di saat berpergian atau keluar rumah,” ujarnya.

H. Muhammad Amin juga menjelaskan bahw tujuan dilaksanakan operasi yustisi ini adalah untuk membiasakan masyarakat dengan sesuatu yang baru atau yang biasa di sebut dengan New Normal, yang tadinya tidak biasa pakai masker dibiasakan memakai masker meskipun merasa tidak nyaman tetapi itulah namanya peraturan.

“Pada awal tahun 2020 sesuai dengan data yang kita dapat tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan masih 60 persen dan terus kita tingkatkan lagi operasi-operasi hingga pertengahan tahun 2020 sampai awal 2021 kesadaran dan kepatuhan masyarakat mulai meningkat 70 sampai 90 persen,” punkasnya.

(Mhd Amin)
Kepala Biro Natuna

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close