KepriNatuna

Ikut KIPP KemenPANRB, SI BERES Natuna Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020

Lihatkepri.com, Natuna – Ikut KIPP KemenPANRB, SI BERES Natuna Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020, Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Ranai, Nazari.

Si Beres Natuna

Siap Bersalin Terima Bersih Semua Beres (SI BERES) Puskesmas Ranai, Kabupaten Natuna masuk Top 99 Pelayanan Publik dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) KemenPANRB Tahun 2020.

Berawal dari mengikuti lomba Inovasi Daerah yang ditaja oleh BP3D Kabupaten Natuna, Si BERES Natuna kemudian melaju hingga lolos Top 99 KIPP.

Nazari mengatakan, awal mulanya inovasi tersebut hanyalah kiat dan upaya pihaknya untuk mencapai 100% persalinan difasilitas pelayanan kesehatan sesuai yang ditargetkan Pemerintah.

“Sehingga kami berpikir bagaimana supaya masyarakat mau bersalin di fasilitas pelayanan kesehatan, maka muncul lah ide SI BERES, siap bersalin terima bersih, semua beres. Yakni, ibu yang datang bersalin, kami layani secara profesional, dirawat, lalu kami antar pulang, juga kami kunjungi sebanyak 3 kali dalam perawatan ibu dan bayi,” ujarnya kepada pewarta Kominfo. (27/06/2020).

Menurut Nazari, awalnya Inovasi SI BERES Natuna ini hanya inovasi biasa di Puskesmas Ranai, karena puskesmas ditargetkan pemerintah harus mencapai 100% persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Disamping itu kami urus juga Akte lahirnya, KK perubahan, kartu KIA dan kartu KIS, lalu kami antar ke rumahnya, sehingga si bapak tidak repot lagi ngurus segala administrasi, bisa fokus mencari rezeki buat keluarga,” ujarnya

Selain berhasil masuk Top 99, sebelumnya SI BERES mendapat juara 3 ada lomba inovasi tingkat Kabupaten. Bahkan, SI BERES juga mendapat penghargaan dari Gubernur Kepulauan Riau.

“Tidak sampai di situ, kami juga mendapat penghargaan terbaik dari Bapak Gubernur Kepulauan Riau. Alhamdulillah” ujar nya.

Saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna tengah mempersiapkan Si BERES dalam mengikuti seleksi saringan menjadi Top 45 di tingkat Nasional.

(Sumber: Diskominfo/Fera)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close